sejarah artificial intelligence

Teknologi saat ini sudah mengalami banyak kemajuan seperti hadirnya perangkat pintar yang mengadopsi teknologi artificial intelligence. Penggunaan teknologi berbasis AI memang sangat menarik, apalagi jika mengenal sejarah artificial intelligence tentu akan lebih menarik.

Sebenarnya teknologi AI sudah hadir sejak lama, namun seiring bergulirnya waktu teknologi ini kian populer di masyarakat. Bahkan banyak yang menganggap bahwa kehadiran teknologi jenis satu ini dapat mengganti peran atau tugas manusia nantinya.

Pengertian Artificial Intelligence Menurut Para Ahli

Apa pengertian artificial intelligence? Sebenarnya pengertian dari artificial intelligence atau kecerdasan buatan tergolong luas. Pasalnya, sejumlah tokoh atau para ahli mengemukakan pendapat masing-masing terkait pengertian AI tersebut.

· Andreas Kaplan dan Michael Haenlin

Salah satu tokoh bernama Andreas Kaplam dan Michael Haenlin memiliki definisi yang sama terkait teknologi artificial intelligence. AI merupakan kemampuan suatu sistem dalam menafsirkan data untuk belajar dan pembelajaran tersebut bisa menjadi penuntun mencapai tujuan.

· Gaskin

Sebelum mengenal tentang sejarah artificial intelligence, tentu Anda juga perlu mengetahui pengertian atau definisi dari AI. Berbeda dengan Kaplan dan Haenlin. Gaskin menyatakan bahwa AI adalah suatu entitas buatan untuk menunjukkan kecerdasan.

· H.A. Simon

Seorang ahli bernama H.A. Simon juga turut mengemukakan pendapat tentang pengertian teknologi AI yang tengah populer saat ini. AI merupakan aplikasi yang berkaitan dengan pemrogram komputer untuk melakukan berbagai hal setara kecerdasan manusia seperti penelitian dan instruksi.

· John McCarthy

Definisi artificial intelligence menurut John McCarthy tidak kalah menarik dari pendapat para ahli lainnya. Menurut McCarthy, AI adalah suatu teknologi yang menggunakan proses dan desain yang bisa berpikir layaknya manusia serta menirukan perilaku dari manusia.

· Kristianto

Sedangkan menurut Kristianto, suatu bagian dari ilmu pengetahuan komputer yang berguna untuk perancangan otomatisasi perilaku. Atau sebagai suatu sistem kecerdasan buatan yang dirancang secara khusus.

· Kusumadewi

Di balik berbagai definisi yang para ahli kemukakan terdapat sejarah artificial intelligence yang turut menarik perhatian. Teknologi AI merupakan sebuah studi untuk menjadikan atau membuat perangkat komputer bisa melakukan suatu hal seperti manusia.

Bentuk Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence merupakan kemampuan komputer yang setara dengan manusia. Perlu Anda ketahui, kecerdasan buatan tidak hanya memiliki satu bentuk saja melainkan terdiri dari empat bentuk sebagai berikut:

1. Acting Humanly

Apa saja bentuk artificial intelligence? Tentu Anda pasti sudah penasaran dengan bentuk-bentuk dari kecerdasan buatan tersebut. Pasalnya, bentuk dari kecerdasan buatan tergolong menjadi beberapa macam sesuai rancangan manusia.

Bentuk yang pertama adalah acting humanly, mungkin orang-orang masih asing dengan bentuk kecerdasan buatan satu ini. Acting humanly merupakan suatu sistem komputer yang bisa melakukan aktivitas atau pekerjaan yang biasa manusia lakukan.

2. Act Rationally

Mengenal bentuk-bentuk dari kecerdasan buatan juga tidak kalah penting dari mengenal sejarah artificial intelligence. Terlebih ada banyak bentuk kecerdasan buatan yang mungkin sering Anda temui setiap hari. Seperti kecerdasan buatan untuk boneka

Bentuk kedua dari artificial intelligence adalah act rationally, Anda pasti sudah bisa membayangkan bentuk ini dari namanya. Bentuk kedua ini merupakan suatu sistem komputer yang bisa  bertindak secara rasional layaknya pemikiran manusia.

3. Thinking Humanly

Tidak kalah menarik dari bentuk pertama dan kedua, kecerdasan buatan memiliki bentuk lain yang berfungsi setara kemampuan manusia. Berbasis pemrograman, komputer berteknologi AI dapat menjalankan berbagai pekerjaan atau aktivitas yang biasanya manusia lakukan.

Artificial intelligence dibagi menjadi berapa? Bentuk dari artificial intelligence atau kecerdasan buatan terbagi menjadi empat. Salah satunya thinking humanly atau sistem yang dapat berpikir dalam menentukan tindakan layaknya manusia.

4. Think Rationally

Sebelum membahas tentang sejarah artificial intelligence, Anda juga harus mengenal bentuk terakhir dari kecerdasan buatan. Pasalnya, dengan mengenal bentuk kecerdasan buatan membantu Anda mendalami ilmu artificial intelligence yang sedang berkembang saat ini.

Bentuk yang terakhir dari kecerdasan buatan adalah think rationally atau sistem pada komputer yang bisa berpikir rasional. Suatu sistem komputer yang tidak berpikir kaku, namun sudah bisa berpikir rasional setara yang manusia lakukan.

Sejarah Artificial Intelligence

Bagaimana sejarah artifiacial intelligence? Selain mengenal definisi dan bentuk kecerdasam buatan, Anda juga harus mengenal sejarah kecerdasan buatan. Pasalnya, kecerdasan buatan ini tidak hadir begitu saja tanpa memiliki kisah atau cerita di baliknya.

Bahkan tidak jarang sejarah dari terciptanya teknologi AI bisa membuat orabg-orabg penasaran karena takjub. Oleh karena itu, tidak adalah salahnya untuk mengenal sekaligis melihat perkembangan teknologi kecerdasan buatan ini.

· Awal Mula

Awal mula atau sejarah artificial intelligence cukup menarik karena tidak muncul begitu saja dan ternyata sudah hadir sejak lama. Anda mungkin tidak tahu bahwa teknologi artificial intelligence ternyata sudah muncul sejak abad 20.

Saat itu teknologi satu ini sudah muncul dalam berbagai penelitian hingga film aliran fantasi. Dan semangat pengembangan teknologi AI semakin membara setelah hadirnya  Atanasoff Berry Computer (ABC) pada tahun 1940.

Perkembangan artificial intelligence bermula tahun 1950 atas tulisan ilmuwan bernama Alan Turing. Dengan buku berjudul Computing Machinery and Intelligence, Turing mengeluarkan cadangan pembangkit semangat perkembangan teknologi AI.

· Akhir Abad Milenium hingga Abad 21

Mulai saat itu, penelitian terhadap teknologi artificial intelligence terus berjalan hingga mendapat pendanaan dari pemerintah dan korporat. Akan tetapi, pembiayaan tersebut sempat berhenti lantaran pemerintah dan korporat menganggap penelitian tersebut gagal.

Namun, teknologi AI memasuki nasib baik pada akhir abad milenium dengan AI mampu mencapai banyak milestone. Tahun 90an AI mampu memikat banyak perusahaan besar Amerika Serikat untuk berinvestasi sehingga menjadi sejarah artificial intelligence.

Penciptaan mesin berteknologi AI mulai muncul sejak tahun 1997, 1998, 1999, dan semakin meningkat di tahun 2000. Banyak media yang menyebarluaskan informasi tentang AI sehingga orang-orang memiliki gambaran masa depan terkait teknologi satu ini.

·  Masa Kini

Bagaimana perkembangan AI di Indonesia? Tentu saja perkembangan AI di tanah air tidak kalah pesatnya dengan negara lain. Perkembangan teknologi AI yang semakin menibgkat dari masa ke masa berhasil mempengaruhi segala bidang kehidupan.

Bahkan sudah banyak korporat yang menggunakan teknologi AI untuk terus mengembangkan machine learning. Selain itu, tahun 2009 Google juga telah merancang mobil tanpa pengemudi dan mengumumkan ke masyarakat tahun 2014.

Semula banyak orang yang menganggap bahwa teknologi AI sebagai teknologi masa depan tetapi anggapan tersebut sudah tidak berlaku. Pasalnya, penggunaan teknologi artificial intelligence saat ini sudah menjadi hal umum untuk berbagai aspek kehidupan.

Penutup

Menelisik sejarah dari teknologi AI memang cukup menarik, terlebih banyak masyarakat yang menganggap sebagai teknologi masa depan. Namun saat ini, penggunaan teknologi ini sudah sangat umum untuk membantu tugas atau pekerjaan manusia.

Sekian ulasan singkat Article Void terkait pengertian, bentuk, hingga menelisik sejarah artificial intelligence yang sedang berkembang. Tentu sangat menarik jika banyak kemajuan atau perkembangan teknologi yang terjadi sehingga pekerjaan manusia semakin mudah.

Bagikan:

Tags: