Spesifikasi motor listrik Yamaha

Spesifikasi motor listrik Yamaha E01 masih menjadi perbincangan hangat kali ini. Karena PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi telah memulai program market test untuk motor listriknya.

Bukan hanya di Indonesia, namun motor Yamaha E01 ini juga diuji coba pada wilayah Eropa dan lima Negara Asia. Kehadirannya dalam Indonesia membuat banyak orang merasa penasaran akan spesifikasi dan harganya.

Mungkin Anda termasuk salah satunya, maka untuk mengetahuinya langsung saja simak penjelasan berikut.

Mengenal Motor Listrik Yamaha E01

Sebelum Anda mengetahui lebih dalam tentang spesifikasi motor listrik Yamaha E01 atau spesifikasi motor listrik honda, ada baiknya Anda mengenalnya terlebih dahulu. Mengingat motor ini telah berhasil menarik perhatian banyak orang akhir-akhir ini.

Apabila Anda lihat sekilas, motor listrik Yamaha E01 ini mirip motor Nmax. Hal ini terlihat pada desain body keduanya yang terlihat sama secara garis besar.

Misalnya pada bagian setang, visor hingga deknya. Anda juga bisa menemui salah satu ciri khas motor Nmax yaitu memungkinkan kaki pengendara untuk berselonjor pada motor listrik Yamaha E01.

Pihak Yamaha motor menjelaskan bahwa secara klasifikasi dan registrasi, Yamaha E01 ini adalah kendaraan kelas kompak yang setara dengan motor berkapasitas 125 CC.

Pihak Yamaha juga menyebut bahwa motor listrik Yamaha E01 ini dapat menempuh kecepatan maksimal mencapai 100 km/jam. Serta rata-rata daya tempuh maksimal sebesar 100 km.

Spesifikasi Motor Listrik Yamaha E01

Sekilas Yamaha E01 memang mirip dengan motor PCX dari segi desain. Namun keduanya tentu memiliki perbedaan yang cukup detail.

Berikut ini spesifikasi motor listrik Yamaha E01 yang harus Anda ketahui sebelum membelinya.

1. Powerfull Electric Scooter

Pertama Anda bisa mengetahui bahwa motor listrik Yamaha E01 memiliki sumber tenaga lithium lon yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 8,1 kW.

Tenaga ini membuat motor listrik Yamaha E01 dapat mencapai kecepatan tertinggi hingga 100 km/jam. Namun, semua itu tergantung dengan kondisi jalan, cara berkendara dan bobot pengendara.

2. EV Motor

Spesifikasi Motor Listrik Yamaha E01 selanjutnya adalah EV motor maksudnya, scooter listrik ini memiliki rpm tinggi.

Sehingga dapat menghasilkan tenaga sebesar 8,1 kW/5.000 r/min serta torsi 30,2 Nm/1.950 r/min ketika dalam mode berkendara power.

Tenaga ini juga dapat membuat tarikan motor tetap responsif ketika melewati jalan menanjak atau sedang berkendara berdua.

Sedangkan pada mode standar, motor ini memiliki tenaga 8,1 kW/5.000 r/min serta torsi 24,5 Nm/1.500 r/min. Dan terakhir pada mode Eco tenaganya adalah 5,4 kW/4.500 r/min dengan torsi 21,4 Nm/1.500 r/min.

Perlu Anda tahu bahwa scooter listrik Yamaha ini dapat menghasilkan torsi maksimal yang lebih besar dari kemampuan motor 250 CC konvensional.

3. Futuristic Design

Futuristic Design berkonsep Human-Centric Justaposed Design merupakan salah satu spesifikasi motor listrik Yamaha E01. Motor ini lebih menonjolkan kesan modern dan cleanness.

Maksud dari konsep ini yaitu menggabung dua objek, tema, warna dan material yang akhirnya dapat menghasilkan visualisasi sangat kontras.

Pada bagian body motor terdapat warna putih mutiara, sedangkan pada part fungsional menggunakan warna hitam. Bagian Stripping dan logo Yamaha juga hadir dengan mengusung warna cyan atau Yamaha Aqua.

Warna ini merupakan warna gabungan dari warna biru rancing ikonik Yamaha dan warna hijau sebagai representasi warna alam.

4. Driving Mode

Spesifikasi motor listrik Yamaha E01 yang ke empat adalah dalam segi driving mode. Motor listrik ini sudah hadir lengkap dengan 3 mode berkendara yaitu Eco, Standard dan Power.

Pengguna disarankan untuk menggunakan mode Eco pada saat berkendara jauh, tujuannya untuk menghemat konsumsi baterai.

Sedangkan mode standard dapat Anda gunakan untuk berkendara pada jalanan yang cenderung datar sehingga tidak membutuhkan tenaga besar dalam bermobilitas.

Terakhir ada mode power yang cocok Anda gunakan pada saat berkendara dalam jalan menanjak yang pastinya membutuhkan tenaga ekstra dan akselerasi tinggi.

5. Lithium-ion Baterai

Motor listrik Yamaha E01 menggunakan lithium-ion baterai sebagai sumber tenaga fixet baterai lengkap dengan built-in Battery Management System.

Baterai ini memiliki kapasitas sebesar 4,9 kWh dengan daya 87,6 V / 56,3 Ah. Sehingga mampu membuat motor listrik Yamaha E01 untuk menempuh jarak sejauh 104 km.

Namun, hal tersebut harus berdasarkan dengan tes internal berkecepatan konstan 60 km/jam serta kondisi baterai terisi penuh.

6. Regeneratif Brake

Spesifikasi motor listrik Yamaha E01 atau spesifikasi motor listrik viar yang tidak boleh Anda letakkan adalah regeneratif brake. Yang mana fitur ini memiliki fungsi seperti engine brake pada kendaraan konvensional atau Internal Combustion Engine.

Fitur ini yang membuat proses deselarasi pada scooter listrik Yamaha E01 menjadi lebih halus.

7. 3 Charger Option

Yamaha memberikan fitur yang akan mempermudah pengguna motor listrik Yamaha E01 dalam mengisi daya baterai kendaraan. Hal ini terjadi karena Yamaha menghadirkan 3 opsi charger yaitu fast charger, normal charger dan portable charger.

8. Reserve Mode

Hadirnya fitur reserve mode membuat motor listrik Yamaha E01 semakin lengkap. Hal ini karena fitur ini akan mempermudah pengguna ketika sedang parkir.

Bahkan fitur ini memungkinkan pengguna untuk berkendara mundur dengan kecepatan 1 km/jam. Cara pengoperasiannya juga cukup mudah.

Anda hanya perlu menekan dan menahan tombol R yang ada pada bagian kiri setang hingga tulisan R muncul pada layar mode berkendara, ini juga harus diikuti dengan lampu indikator yang menyala orange.

Kemudian lanjutkan dengan menekan dan menahan tombol Mode yang pada stang kemudi kanan. Fungsinya untuk menggerakkan motor ke arah belakang.

9. Y-Connect

Spesifikasi motor listrik Yamaha E01 yang terakhir yaitu adanya fitur Y-Connect dan simcard yang bersifat built-in.

Kehadiran fitur ini akan mempermudah pengguna untuk mendapatkan informasi berupa waktu pengisian baterai, jarak tempuh baterai, lokasi parkir, histori perjalanan terakhir, konsumsi baterai dan masih banyak lagi.

Bukan hanya itu saja, motor listrik Yamaha E01 ini juga sudah lengkap dengan perangkat GPS (anti-theft) yang memungkinkan pengguna untuk dapat memantau lokasi motor secara real-time.

Walaupun motor listrik ini sedang dalam keadaan mati dan berada jauh dari penggunanya.

Harga Motor Listrik Yamaha E01

Hingga saat ini belum ada harga pasti terkait motor listrik Yamaha E01. Mengingat motor ini masih dalam tahap uji coba, sehingga belum secara resmi dijual dalam pasaran.

Pihak Yamaha sendiri hanya menyebarkan sebanyak 20 unit motor listrik Yamaha E01 dalam beberapa kota untuk uji coba. Kota tersebut adalah kota besar yang meliputi Jakarta, Bali, Medan dan Bandung.

Meskipun Infomasi articlevoid terkait harga motor listrik Yamaha E01 ini masih rancu atau belum pasti. Namun, Anda dapat mengetahui spesifikasi lengkapnya secara pasti.

Hal ini tentunya dapat menambah informasi Anda terkait motor listrik Yamaha E01 yang akan segera meluncur dalam pasaran. Rincian spesifikasi motor listrik Yamaha tersebut akan membuat Anda lebih yakin jika ingin membelinya.

Bagikan:

Tags: