sarjana ilmu kecerdasan buatan online

Teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence sudah banyak diterapkan di berbagai bidang kehidupan. Bahkan saat ini sudah banyak program sarjana ilmu kecerdasan buatan online yang bisa diambil untuk menambah portofolio.

Studi sarjana dengan online ini tentu saja memudahkan Anda yang ingin berkarir di bidang kecerdasan buatan. Kelas bisa terlaksana dari rumah dengan suasana yang nyaman.

Mengenal tentang Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan atau pengertian artificial intelligence adalah teknologi yang memanfaatkan kinerja perangkat elektronik untuk melakukan tindakan seperti dilakukan manusia. Teknologi ini terus berkembang untuk menunjang aktivitas manusia.

Mudahnya, kecerdasan buatan adalah sistem komputer yang bisa melakukan pekerjaan yang biasanya memerlukan tenaga atau kecerdasan manusia untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Artificial intelligence merupakan teknologi yang memerlukan data agar bisa menjadi pengetahuan yang sama seperti manusia. Dalam teknologi ini membutuhkan data dan pengalaman agar kecerdasan bisa lebih baik lagi.

Sistem kerja dari kecerdasan buatan biasanya mengumpulkan dan mengelola data yang terterima. Nantinya, data tersebut akan menjadi informasi yang berguna agar bisa berguna untuk menyelesaikan berbagai tugas yang ada.

Di jurusan kecerdasan buatan biasanya akan belajar dengan bantuan laboratorium komputer. Artificial intelligence juga mempelajari jurusan Robotik dengan tujuan untuk menciptakan robot dengan berbagai alasan.

Belajar ilmu artificial intelligence membuat Anda terbiasa berpikir dan menggunakan kreativitas dalam memecahkan masalah. Teknologi ini juga membantu agar bisa terus meningkatkan rasa ingin tahu dan memiliki pekerjaaan yang menjanjikan.

Namun, satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah kecerdasan buatan masih sangat jauh dari kecerdasan manusia secara umum. Hal ini juga yang membuat beberapa ahli mengkritisi penamaan istilah artificial intelligence.

Kecerdasan buatan yang ada lebih menekankan pada kemampuan memperoleh pengetahuan baru yang bisa berguna secara langsung. Meski berkonotasi ilmiah, AI membentuk cabang ilmu komputer, adaptasi mesin, pembelajaran, dan perilaku.

Pilihan Program Sarjana Ilmu Kecerdasan Buatan Online

Gelar sarjana adalah program akademik yang biasanya dapat mahasiswa selesaikan dalam waktu 3 – 5 tahun. Gelar yang ada yaitu Bachelor of Art atau Bachelor of Science, sesuai dengan program studi yang tersedia.

Sarjana ilmu kecerdasan buatan online adalah program akademik yang mempersiapkan siswa untuk mengembangkan aplikasi kecerdasan buatan. Dalam studi ini mungkin juga termasuk matematika lanjutan, teknik, penambahan data, dan robotik.

Memiliki gelar sarjana di bidang artificial intelligence bisa membuka pintu menuju jalur karir yang menarik. Pekerjaan yang memungkinkan adalah insinyur komputer, ilmuwan data, spesialis pembelajaran mesin.

Calon siswa bisa mendapatkan gelar sarjana ilmu kecerdasan buatan di kampus atau secara online. Berikut ada beberapa program studi ilmu kecerdasan buatan online yang bisa menjadi pilihan:

1. Sarjana ilmu kecerdasan buatan online, Bachelor Robotics

Bachelor Robotics atau Sarjana Robotik adalah salah satu cabang ilmu artificial intelligence secara online di IU International University of Applied Sciences, Jerman.  Pembelajaran berlangsung secara online dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Di sini bisa memilih kelas penuh waktu atau paruh waktu dengan durasi belajar 36 bulan atau 3 tahun yang bisa memulai kapan saja. Biaya yang harus masuk anggaran untuk belajar sekitar 561 Euro untuk studi penuh waktu.

Sarjana ilmu kecerdasan buatan online ini membangun pengetahuan dalam bidang teknik mekanik, listrik, dan kontrol, serta keahlian dalam ilmu komputer, matematika, listrik, kecerdasan buatan, dan ilmu data.

Proses pembelajaran akan menggabungkan diskusi teoritis dan lanjutan dengan kerja langsung. Lalu, mendapatkan pengalaman berharga dalam sistem manajemen dan kepemimpinan proyek. Semua kelas berlangsung secara online, sesuai jadwal sendiri.

Melalui gelar sarjana ini bisa memasuki bidang yang benar-benari unggul dan inovatif dalam karir. Di universitas ini juga bisa belajar dengan nyaman dari rumah.

2. Bachelor of Science in AI and Machine Learning

Bachelor of Science in AI and Machine Learning, jurusan atau cabang ilmu kecerdasan buatan yang bisa ada secara online di European Leadership University, Belanda.  Di kelas ini pembelajaran menggunakan Bahasa Inggris.

Lama waktu belajar di sarjana ilmu kecerdasan buatan online sekitar 3 tahun dengan sistem online. Untuk kelas tahun 2023, batas akhir pendaftaran Februari 2023 dan akan mulai pada Maret 2023. Biaya yang harus masuk anggaran adalah sekitar 2.900 Euro per tahun.

Di sini akan belajar mengenai pengembangan teknik pembelajaran mesin yang gesit. Saat lulus akan ada 2 sertifikat dan ijazah sarjana,  yaitu AI dan sertifikat pembelajaran mesin, pengembangan perangkat lunak agile dan sertifikat freelancer, dan sarjana sains.

3. Bachelor of Science in Artificial Intelligence & Sustainable Technologies

Jurusan ini adalah kelas untuk meraih gelar sarjana di bidang kecerdasan buatan berkelanjutan yang berada di Tomorrow University of Applied Sciences, Frankfurt, Jerman.  Kecepatan belajarnya paruh waktu bisa menyesuaikan jadwal.

Selama pembelajaran akan menggunakan Bahasa Inggris dengan sistem belajar online dan durasi sekolahnya sekitar 36 bulan. Untuk tahun 2023, batas akhir pendaftaran 31 Januari 2023 dan kelas akan mulai pada Februari 2023.

Di Tomorrow University of Applied Sciences bisa meraih gelar sarjana ilmu kecerdasan buatan online yang akan memandu Anda untuk menjadi unicorn yang masyarakat butuhkan di masa depan.

Ada berbagai kompetensi pembelajaran yang akan Anda dapatkan melalui program ini. Modul yang tersedia adalah manajemen produk lanjutan, kewirausahaan, kecerdasan buatan dan teknologi berkelanjutan.

4. Bachelor in Management – Management and Artificial Intelligence

Bachelor in Management and Artificial Intelligence menjadi salah satu pilihan jurusan untuk bisa meraih sarjana ilmu kecerdasan buatan online atau jurusan artificial intelligence. Pendidikannya berlangsung di Kozminski University, Warsawa, Polandia.

Pembelajaran bisa secara offline, di kampus dan secara online dengan masa tempuh 3 tahun. Proses pembelajaran di kelas menggunakan Bahasa Inggris. Sedangkan, biaya pendidikan yang harus Anda persiapkan adalah sekitar 5.520 Euro per tahun.

Program sarjana ini bertujuan untuk mendidik manajer yang pasar butuhkan. Harapannya memiliki kemampuan bisnis, pengetahuan tentang teknologi terbaru, kompetensi pemrograman, pengetahuan tentang metode kualitatif dan kuantitatif.

Tidak hanya itu, nantinya Anda akan menguasai alat untuk menganalisis multidimensi dari proses digitalisasi. Akan dapat keterampilan yang berguna untuk mengidentifikasi, menyimpan, mendapat, dan menganalisis data dalam volume besar.

5. Short-Track Bachelor Creative Technologies & AI

Program studi ini menjadi salah satu pilihan untuk sarjana ilmu kecerdasan buatan online yang akan berlangsung di Howest University of Applied Sciences, Bruges, Belgium.  Sistem pembelajaran kombinasi online dan di kampus.

Bahasa yang Anda pakai selama proses belajar mengajar adalah Bahasa Inggris, dengan lama masa studi 1 tahun. Biaya yang harus masuk anggaran untuk bisa mengambil program ini sekitar 1.000 Euro per tahun.

Di program ini akan belajar cara optimalkan model AI, bangun backend yang kuat, memilih teknologi AI yang tepat berdasarkan kasus aktual. dan menerapkan perangkat lunak AI menggunakan MLops.

Jadi, di program studi ini tidak hanya menguasai teknologi AI, tapi juga unggul dalam mengembangkan perangkat lunak AI. Untuk bisa mengambil kelasnya harus  memiliki pemahaman yang kuat tentang cara membuat kode dan memahami dasar statistik.

Untuk kesempatan berkarir dari studi ini adalah tentang teknik AI. Pilihan karirnya bisa bekerja sebagai insinyur data, insinyur AI, ilmuwan data, konsultan inovasi AI, dan  masih banyak lagi.

Itulah informasi Article Void mengenai program studi sarjana ilmu kecerdasan buatan online yang bisa dipilih untuk menambah pengetahuan. Pilih cabang ilmu yang sesuai dengan minat dan arah karir yang ingin dicapai.

Bagikan:

Tags: