saham golden cross

Sebelum memutuskan masuk ke dunia trading, ada banyak sekali istilah-istilah yang perlu Anda pelajari. Contohnya adalah saham golden cross dan saham death cross. Keduanya memiliki kaitan erat, karenanya sering disebutkan berbarengan.

Saat trader membaca kemunculan chart golden cross, turut saja mereka mulai mewaspadai kemunculan death cross. Mungkinkah Anda pernah mendengar kedua istilah ini? Sebenarnya, apa makna golden dan death cross?

Apa Itu Saham Golden Cross?

Dalam dunia trading, istilah seperti saham golden cross adalah sesuatu yang umum. Istilah ini merupakan sinyal untuk membantu tradet mengambil keputusan saat trading.

Melansir dari banyak sumber, pengertian saham golden cross adalah pola pergerakan saham ketika moving average (MA) jangka pendek bergerak, memotong, dan melintasi MA jangka panjang. Ketika Persilangan antara MA inilah yang dikenal sebagai golden cross.

Golden cross menjadi penting karena kemunculannya menjadi sinyal bahwa pasar segera mengalami bullish atau kenaikan harga saham. Sinyal ini akan membantu trader untuk mengalisa kondisi, dan kemudian memutuskan untuk membeli saham.

Contoh terjadinya saham golden cross adaah ketika MA 15-day bergerak ke atas MA 50-day, atau MA 50-day yang bergerak melintas ke atas MA 100-day, dan begitu seterusnya. Tidak ada ketentuan pasti pada periode MA berapa saja golden cross dapat terjadi.

Meski demikian, terdapat kombinasi paling umum yang sering menghasilkan golden cross, antaranya sebagai berikut, pertama, kombinasi antara MA 50-day dan MA 200-day. Kombinasi ini seringkali digunakan oleh trader, khususnya menjadi indikator adanya breakout bullish pada pasar.

Pilihan kedua adalah kombinasi MA 5-day dengan MA 15-day. Biasanya kombinasi ini digunakan oleh day trader untuk menganalisa adanya breakout golden cross intraday. Pada kombinasi ini, interval chart mungkin saja melebar atau malah mengecil mulai dari hitungan menit sampai hitungan monthly.

Pilihan ketiga adalah saham golden cross pada MACD. Ini merupakan pilihan yang lebih baik karena mampu memprediksi pergerakan harga saham tertentu dengan lebih baik daripada persilangan antara MA.

Kira-kira, itulah tiga kombinasi paling umum untuk mendapatkan golden cross pada saat trading.

Perhatikan Ini Ketika Akan Menggunakan Golden Cross

Setelah memahami apa itu saham golden cross, bukan berarti Anda bisa langsung menggunakannya. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menggunakan saham ini.

Pertama, Anda perlu tahu bahwa golden cross yang muncul bersamaan dengan volume trading yang tinggi, maka artinya sinyal bullish semakin kuat.

Aturan kedua, ketika timeframe chart semakin melebar, maka efek dari golden cross akan semakin kuat dan cenderung bertahan lebih lama. Contohnya, sinyal yang muncul dari kombinasi MA 50-day dan MA 200-day, menjadi lebih baik daripada kombinasi antara MA 5-day dan MA 15-day.

Aturan ketiga berlaku untuk trading jangka pendek. Cukup berbeda dengan trading jangka panjang, pada trading ini sinyal golden cross pada MA biasanya dimanfaatkan dengan indikator tipe oscillator.

Indikator ini akan membantu trader untuk melacak kapan terjadinya uptrend sehingga mendapatkan titik entry dan exit yang lebih optimal.

Dalam prakteknya, banyak sekali trader ataupun analis yang memeriksa kapan terjadinya saham golden cross ini untuk proses pembelian saham yang benar. Tujuan mereka bermacam-macam, yang paling umum adalah memastikan bahwa sentimen pasar cenderung bullish.

Saat Menemukan Saham Golden Cross, Apa yang Harus Anda Lakukan?

Berdasarkan aturan-aturan tentang menggunakan saham golden cross tersebut, lalu apa yang harus trader lakukan saat menemukan momen ini dalam pasar saham?

Sebelumnya kita tahu bahwa kemunculan golden cross menandakan adanya kenaikan harga saham atau bullish. Dari sini dapat disimpulkan yang harus dilakukan trader adalah membeli saham.

Dalam trading, ada banyak sekali teknik dan istilah-istilah analisa untuk landasan dalam mengambil keputusan, apakah menjual atau malah membeli saham atau bisa pelajari dahulu cara bermain saham. Kemunculan golden cross adalah salah satu sinyal yang cukup akurat untuk memprediksi sentimen pasar.

Jadi, ketika Anda sudah melihat adanya kemunculan golden cross, maka jangan ragu untuk melakukan pembelian. Pastikan Anda tidak melakukan penjualan saat pola golden cross ini terbentuk, ya!

Apa Itu Saham Death Cross?

Setelah mengetahui apa itu saham golden cross, selanjutnya Anda perlu tahu juga apa itu saham death cross. Kedua istilah ini biasanya muncul berbarengan. Trader bukan cuma memprediksi kemunculan golden cross, tetapi juga mewaspadai adanya death cross.

Melansir dari berbagai sumber, pengertian death cross adalah sinyal terjadinya pasar bearish atau mark down yang membentuk pola grafik perlintasan MA rendah yang bergerak ke bawah MA tinggi.

Mengutip dari banyak sumber, pengertian death cross adalah sinyal yang menunjukkan terjadinya bearish atau mark down. Death cross terbentuk dari MA jangka pendek yang bergerak ke arah bawah MA jangka panjang.

Contohnya, MA 15-day yang melintas ke bawah MA 50-day, atau MA 50-day yang bergerak ke bawah MA 100-day dan seterusnya.

Trader biasanya lebih sering menggunakan kombinasi death cross antara MA 50-day hingga MA 200-day, karena lebih optimal. Kemunculan death cross bukan cuma menandakan bermulanya bearish pada pasar.

Perlu Anda ketahui bahwa MA yang memiliki jangka lebih tinggi pada death cross, secara otomatis akan menjadi level resisten baru dalam pasar bearish. Contohnya ketika MA 50-day bergerak ke bawah MA 100-day, maka MA 50-day akan otomatis menjadi resisten yang baru dalam pasar.

Daripada golden cross, umumnya sinyal dari death cross lebih lemah. Pada jangka pendek, mungkin saja sinyal death cross yang muncul hanya tipuan atau palsu karena faktor-faktor lain dalam pasar.

Trader tidak terlalu memperhitungkan kemunculan death cross pada timeframe yang besar, karena cenderung sinyal palsu atau sementara saja. Lain halnya dengan sinyal golden cross yang bernilai lebih valid saat terjadi di timeframe berukuran besar.

Apa yang Harus Trader Lakukan Saat Menemukan Death Cross?

Sudah kita ketahui bahwa saham golden cross adalah sinyal untuk melakukan pembelian, lantas bagaimana dengan death cross? Ketika pola ini muncul, apa yang trader harus lakukan?

Jawabannya adalah jual. Saat menemukan adanya pola death cross, sebaiknya manfaatkan untuk melakukan penjualan. Mengapa? Death cross adalah sinyal yang menunjukkan penurunan harga saham.

Jadi, sebaiknya melakukan penjualan saat mengenali adanya death cross sebelum harga saham benar-benar anjlok, bahkan menyentuh titik support berikutnya.

Itulah tadi definisi saham golden cross dan death cross. Dapat disimpulkan bahwa keduanya adalah istilah yang saling berkebalikan. Golden cross menunjukkan adanya kenaikan pada saham, sedangkan death cross menunjukkan harga pasar yang menurun.

Istilah ini dapat membantu Anda sebagai trader untuk mengambil keputusan yang tepat, kapan harus melakukan pembelian dan kapan harus melakukan penjualan. Tujuannya tentu saja berusaha mendapatkan profit, dan semampunya menghindari kerugian.

Demikianlah informasi singkat dari Article Void tentang saham golden cross dan death cross yang perlu Anda ketahui, semoga membantu, ya!

Bagikan:

Tags: