Penyebab-Kenapa-Baterai-iPhone-Cepat-Habis
Penyebab-Kenapa-Baterai-iPhone-Cepat-Habis

iPhone kini menjadi sebuah hal yang paling diinginkan orang. Bahkan banyak dari anak muda yang rela menabung bertahun-tahun hanya untuk memiliki iPhone. Hal ini disebabkan karena iPhone sendiri memiliki kelebihan serta nama yang terpandang. Namun, baterai iPhone cepat habis. Tahukah kalian apa penyebab baterai iPhone cepat habis?

Yap, iPhone memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan smartphone kelas lain. Bahkan fitur dari iPhone yang paling banyak diburu masyarakat adalah kamera, sebab kameranya bisa membidik dengan hasil yang sempurna layaknya sebuah kamera. Bahkan iPhone sendiri menawarkan beragam fasilitas fitur lain yang sangat mempermudah penggunanya.

Selain kameranya yang sangat sempurna, iPhone juga memiliki design yang cantik dengan berbagai macam harga tergantung tipenya. Kualitas akan keamanannya juga sudah terjamin. Namun lagi-lagi, kelemahan dari iPhone ya baterai ini. Sebenarnya, iPhone memiliki baterai dengan kapasitas cukup besar. Akan tetapi, ada banyak penyebab baterai iPhone cepat habis.

Hal ini didasari karena baterai pada iPhone tersebut perlu melakukan perawatan karena memang sudah memasuki masa service. Penasaran bukan, apa saja penyebab dari baterai iPhone yang cepat habis? Yuk, simak ulasan informasi penting mengenai baterai iPhone di bawah ini:

  1. Informasi Diagnosis dan Penggunaan Berlebihan

Penyebab baterai iPhone cepat habis yang pertama adalah banyaknya informasi mengenai diagnosis yang dilakukan secara otomatis juga Informasi mengenai penggunaan yang berlebih-lebihan. Diagnosis ini memang akan rutin dikirimkan oleh iPhone dengan tujuan agar perusahaan bisa memantau pengguna ketika sedang memanfaatkan teknologi ini.

Meskipun terkesan spele, nyatanya tahapan diagnosis seperti ini bisa menjadi pemicu kenapa baterai pada iPhone cepat terserap habis. Untuk mengatasinya, biasanya pada tahap proses penyiapan awal akan diberikan opsi mengenai aktifkan atau nonaktifkan menu diagnosis pada iPhone. Jika kalian menemuinya, segeralah nonaktifkan fitur ini ya.

  1. Beragam Pemberitahuan Push Email

Penyebab baterai iPhone cepat habis selanjutnya adalah munculnya beragam pemberitahuan mengenai push email ini.  Biasanya ketika kalian akan menyiapkan email, pemberitahuan mengenai push email tersebut pasti akan diaktifkan secara otomatis. Bahkan fitur ini akan membantu pengguna untuk bisa mendeteksi apakah email sudah dikirim dan diterima.

Meskipun terkesan memudahkan penggunanya, nyatanya fitur bawaan ini bisa menjadi salah satu penyebab dari baterai iPhone yang cepat habis. Bahkan bisa menurunkan kinerja baterai yang cukup sampai signifikan jika tidak segera dinonaktifkan, paling bahaya jika masa baterai iPhone juga sudah waktunya di service. Bisa-bisa baterai tersebut tidak akan tahan lagi.

  1. iPhone yang Selalu Dinyalakan Setiap Waktu

Hal inilah yang sangat jarang diperhatikan pengguna iPhone di mana mereka cenderung selalu menyalakannya setiap waktu. Bahkan sebagian besar mereka tetap menghubungkan iPhone dengan perangkat lain yang semakin menguras masa baterai. Tanpa disadari, tindakan seperti ini justru bisa menjadi penyebab baterai iPhone cepat habis dalam kurun waktu yang singkat.

Untuk mengatasinya, pengguna harus tau kapan waktu iPhone bisa terhubung dengan perangkat dan kapan waktu iPhone harus didinginkan tanpa ada aktifitas lainnya. Setidaknya, ini merupakan langkah pencegahan agar masa aktif baterai tidak cepat berkurang dan rusak dalam waktu dekat ya.

  1. Aktifnya Layanan Lokasi dalam kurun waktu yang lama

Penyebab baterai iPhone cepat habis selanjutnya adalah aktifnya layanan lokasi dalam kurun waktu yang lama. Biasanya, layanan lokasi tersembunyi inilah yang memungkinkan iPhone bisa mengetahui di mana perangkat tersebut berada. Hal ini tentu berkesinambungan dengan GPS bukan. Pelacakan dan pergerakan pengguna akan terpantau dari sistem GPS ini.

Nah, tahukah kalian jika GPS bisa menurunkan masa aktif baterai kalian. Jadi alangkah baiknya kalian bisa memilih dan mekilah aplikasi mana yang memang membutuhkan aktifnya layanan lokasi. Jika tidak diperlukan sebaiknya layanan lokasi dimatikan saja, dan dinyalakan di waktu-waktu yang kalian rasa memang dibutuhkan.

  1. Aplikasi-aplikasi Lain yang Ditangguhkan

Penyebab baterai iPhone cepat habis lainnya yaitu ketika kalian yang merasa sudah menutup aplikasi ketika sudah keluar dari aplikasi tersebut. Padahal, kalian akan tetap dinyatakan menyalakan aplikasi tersebut jika tidak segera menghapus riwayat aplikasinya.  Jika seperti ini seterusnya, tentu aplikasi menyerap daya baterai. Bayangkan jika ada banyak aplikasi dalam sehari.

Pasti masa aktif baterai akan mudah habis karena harus dipakai untuk menjalankan aplikasi yang kalian tangguhkan sebelumnya. Jadi jika tidak ingin semuanya terlambat, kalian harus memperhatikan hal-hal seperti ini juga untuk mengantisipasi kerusakan lainnya yang terjadi. Hapus semua riwayat aplikasi ketika sudah menggunakannya ya.

Nah, demikian beberapa penyebab baterai iPhone cepat habis beserta cara penanganannya. Semoga dengan adanya ulasan ini kalian bisa terbantu untuk mencegah adanya kerusakan yang bisa mengakibatkan masa aktif baterai iPhone berkurang secara signifikan ya.

Bagikan:

Tags: