penutuapan bursa saham Pertamina

Siapakah yang mengetahui perihal penutupan bursa saham Pertamina dan siapa pemilik saham BUMN? Pada dasarnya, pembelian saham memiliki jadwal waktu tertentu bagi para pembeli yang ingin berinvestasi. Pembelian saham juga tidak bisa Anda lakukan setiap saat.

Maksudnya, ada beberapa syarat dan ketentuan untuk membeli saham Pertamina. Salah satunya, yakni harus dalam pengawasan pihak yang berwenang. Dengan kata lain, ada batas-batas waktu tertentu untuk membeli saham Pertamina melalui Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia Stock Exchange yang lebih dikenal sebagai idx.

Jadi, apakah penutupan bursa saham Pertamina memang sudah berkahir? Jawabannya tentu tidak. Anda hanya perlu memperhatikan dan mencari tahu waktu yang tepat untuk membeli saham Pertamina.

Nah, berikut ini merupakan tips dan trik waktu yang tepat untuk membeli saham Pertamina.

Tips dan Trik Agar Tidak Melewatkan Waktu Penutupan Bursa Saham Pertamina

Anda tentunya tidak ingin melewatkan waktu pembelian saham Pertamina, bukan? Perlu Anda ketahui, Pertamina sendiri tidak membuka peluang bagi publik untuk membeli saham perusahaannya.

Hal ini terjadi karena pemegang saham PT Pertamina sepenuhnya adalah Negara Indonesia sendiri. Namun, sebagai solusinya, Pertamina sendiri tetap menawarkan saham dari beberapa anak perusahaan mereka.

Untuk melakukan proses  pembelian saham yang benar di Pertamina, berikut tips dan trik yang bisa Anda ikuti.

1. Lakukan riset saham perusahaan

Saham Pertamina kode apa pun memang bisa Anda miliki. Sayangnya, Anda tidak bisa begitu saja membeli saham Pertamina dengan terburu-buru. Anda tidak ingin melakukan kesalahan saat membeli saham, bukan?

Lakukanlah riset mendalam mengeni perusahaan Pertamina yang sahamnya akan Anda beli. Selain itu, Anda juga harus mengetahui profil perusahaan dan resikonya. Pahami fundamental perusahaan sekaligus tujuan investasi Anda.

Dengan begitu, Anda dapat menentukan jumlah investasi sebelum penutupan bursa saham Pertamina berakhir. Tak hanya itu, jika Anda adalah pemula dalam melakukan investasi terhadap saham, alangkah baiknya untuk meminta nasihat pada ahlinya.

Lakukan diskusi dengan teman atau kenalan yang sudah biasa terjun pada dunia persahaman. Jika Anda memiliki dana lebih, akan jauh lebih baik jika mengikuti kelas seputar saham dan cara berinvestasinya.

Kini sudah banyak tersedia broker saham yang terpecaya. Anda juga bisa mengakses beberapa channel YouTube untuk mendapatkan pialang saham yang berkualitas dalam membahas seputar saham.

Pelajari materi seputar saham sebanyak mungkin agar Anda tidak salah melakukan pembelian saham.

2. Telusuri harga saham terkini

Beberapa anak perusahaan Pertamina menawarkan saham yang cukup menarik. Oleh karena itu, Anda tentunya harus mengetahui saham perusahaan mana saja yang bisa mendatangkan ‘cuan’ lebih.

Selain itu, harga saham Pertamina 2022 sendiri juga cukup variatif. Walaupun waktu penutupan bursa saham Pertamina sudah berjalan, Anda masih bisa mengakses harga saham terkini melalui BEI.

Anda juga bisa melakukan cara lainnya untuk mengetahui harga saham Pertamina. masukkan kode saham perusahaan Pertamina, lalu tambahkan idx, dan Anda akan mendapatkan chart lengkap mengenai saham terkait.

Cukup mudah, bukan?

3. Siapkan dana untuk melakukan transaksi

Setelah melakukan riset untuk pembelian saham, pastikan Anda memiliki dana yang cukup. Bagaimana Anda dapat mengetahui dana yang cukup untuk membeli saham?

Penutupan bursa saham Pertamina juga memiliki jadwal sendiri. Selain mengetahui waktu yang tepat, Anda juga harus memastikan harga saham secara berkala. Hal ini bertujuan agar Anda bisa selalu mendapatkan update harga saham Pertamina.

Seperti contohnya, jika harga saham Pertamina per lembarnya Rp 10,000.00, maka Anda harus menyiapkan dana minimal sebesar Rp 1,000,000.00 untuk membeli 1 lot saham tersebut.

Syarat pembelian saham sendiri harus dilakukan minimal 1 lot. Satuan 1 lot sendiri memiliki arti 100 lembar. Hal tersebut telah ditetapkan oleh BEI sebagaimana pembelian minimal saham berjumlah 1 lot.

4. Lakukan transaksi pembelian saham

Memasuki tips berikutnya, Anda harus paham kapan transaksi pembelian saham Pertamina harus dilakukan. Pada dasarnya, Anda harus membeli saham satu kali pada tiap kuartalnya. Jadi, Anda bisa membeli saham sebanyak empat kali dalam kurun waktu setahun.

Merujuk pada bulan apa saja Anda bisa membeli saham, tidak ada aturan yang pasti mengenai hal tersebut. Tentunya Anda harus membeli saham dengan rutin untuk mendapatkan keuntuntungan yang maksimal.

Kapankah waktu yang paling tepat untuk melakukan transaksi pembelian saham? Dengan perkiraan waktu pasar BEI mulai buka, antara jam 09.30-10.30, Anda sudah bisa memulai melakukan transaksi pembelian saham Pertamina.

Sedangkan waktu penutupan bursa saham Pertamina sendiri berkakhir pada jam 16.00. Anda dapat melakukan pembelian saham Pertamina pada hari kerja saja. Pasalnya, pasar saham sendiri juga memilik hari libur sesuai dengan ketentuan pemerintah yang berlaku.

5. Awasi pergerakan ‘market’ saham

Jika Anda sudah melakukan investasi membeli saham Pertamina, rajin-rajinlah untuk mengecek pergerakan saham. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui pergerakan saham yang sudah dibeli.

Kunjungi laman IDX untuk mengkases rangkuman saham. Masukkan kode saham terkait dan lakukan penyaringan untuk mendapatkan berita harga saham tertinggi, terendah, hingga penutupan dan pembukaan.

Kemudian, Anda bisa mendapatkan ringkasan pergerakan saham terkait secara lengkap.

Dua Rekomendasi Saham Pertamina yang Bisa Bikin ‘Cuan’

Jika Anda masih ragu untuk memutuskan saham perusahaan Pertamina yang bisa nambah ‘cuan’, berikut dua rekomendasi dari articlevoid anak perusahaan Pertamina yang bisa Anda ketahui.

1. TUGU

TUGU adalah kode saham dari perusahaan PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. Salah satu anak perusahan Pertamina ini bergerak pada sektor asuransi. Produk yang tersedia juga cukup banyak.

Perusahaan ini menawarkan jasa layanan berupa asuransi umur, syariah, hingga reasuransi. Harga saham per Desember 2022 yaitu berkisar antara Rp 1,600.00 per lembarnya. Dibandingkan dengan harga saham Unilever Indonesia, TUGU jauh lebih unggul dan terjangkau.

Perusahaan anak Pertamina ini juga memiliki laba bersih pada bulan November 2022 sebesar lebih dari 235 miliar rupiah, loh!

2. PGAS

Rekomendasi kali ini datang dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk yang mendalami sektor pendistribusian dan penyedian gas alam untuk masyarakat. Perusahaan ini juga memiliki tujuan untuk mengembangkan tingkat perekonomian Indonesia.

Selain itu, harga berita PGAS sendiri saat ini masih dalam keadaan terjangkau. Maknanya, Anda bisa membeli 1 lot saham PGAS sebesar Rp 179,000.00 dengan harga per lembarnya yakni Rp 1,790 saja, loh!

Dengan mempertimbangkan segala resiko profil perusahaan yang telah ulas, Anda dapat memutuskan saham perusahaan Pertamina mana yang bagus. Terus lakukan riset lebih lanjut agar selalu mendapatkan berita paling ‘up to date’.

Penutupan bursa saham Pertamina tentunya sudah memiliki waktu yang sesuai dengan pasar saham yang tersedia. Jangan lewatkan waktu untuk membeli saham Pertamina agar Anda bisa menghasilkan keuntungan yang besar pada masa mendatang.

Bagikan: