Pengertian Superkomputer

Kebanyakan orang pasti pernah mendengar tentang keberadaan dari superkomputer, namun apa pengertian superkomputer itu sendiri saat ini? Terlebih beberapa orang juga sudah memanfaatkannya untuk keperluan tertentu dalam komputasi.

Pada zaman sekarang ini kita tahu bahwa hampir setiap pekerjaan yang berhubungan dengan digitalisasi selalu menggunakan komputer. Namun, dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat superkomputer juga sudah mulai dilirik beberapa kalangan.

Secara garis besar penggunaan dari perangkat ini sendiri yaitu untuk mempercepat pekerjaan ketika seseorang ingin mengolah data atau angka. Jadi, proses bisa lebih cepat apabila dibandingkan dengan komputer yang biasa Anda temukan sebelumnya.

Berikut Pengertian dari Superkomputer

Lalu, apa pengertian superkomputer? Superkomputer sendiri merupakan teknologi mesin komputer, di mana alat ini dirancang secara khusus untuk proses ultra tinggi. Jadi, memiliki kemampuan untuk pemrosesan data besar dan kecepatan komputasi.

Alasan mengapa superkomputer memiliki kemampuan seperti itu karena memiliki ribuan prosesor, sehingga mampu untuk memecahkan batas dari petaflop. Sedangkan untuk memiliki salah satunya saja harga dari alat ini sangatlah mahal.

Bagi mereka yang melakukan pekerjaan terperinci akan dipermudah dengan menggunakan jenis perangkat komputer ini. Namun, pekerjaan-pekerjaan bisa, mungkin dengan memanfaatkan komputer biasa sudah lebih dari cukup.

Ketahui Beberapa Kelebihan dari Superkomputer

Kalau sebelumnya Anda telah mengetahui tentang pengertian superkomputer, maka ketahui juga apa saja kelebihannya. Barangkali untuk mengatasi pekerjaan Anda, jenis perangkat sangat dibutuhkan, sehingga dapat mempermudah pekerjaan khusus.

1. Melakukan Perhitungan secara Cepat

Salah satu kelebihan yang terdapat pada perangkat ini yaitu dapat melakukan perhitungan secara cepat. Jadi, bisa kita pahami terkait pengertian superkomputer yang telah dibahas sebelumnya.

2. Memiliki Spesifikasi yang Tinggi

Berikutnya yang juga menjadi kelebihan superkomputer adalah memiliki spesifikasi, sesuai dengan namanya. Menariknya perangkat ini juga memiliki core hingga ribuan, sehingga wajar kinerjanya juga terbilang sangat baik.

3. Respon Cepat

Dengan spesifikasi yang tinggi respon dari jenis komputer super ini sudah pasti sangat cepat, sehingga pemrosesannya pasti di atas rata-rata. Tentu saja hal tersebut didukung dengan sistem software canggih di dalamnya.

Respon yang cepat pada perangkat superkomputer ini membuatnya dapat menjawab setiap pertanyaan dengan cepat dan akurat. Alasan seperti itulah yang membuat perangkat satu ini sangat mahal harganya.

Fungsi Superkomputer

Sampai sekarang perangkat ini memang terbilang cukup terbatas untuk para penggunaannya, sehingga fungsinya sendiri belum banyak orang mengetahui. Apabila Anda sebelumnya telah mengetahui pengertian superkomputer, maka ketahui juga fungsinya.

Untuk salah satu fungsi yang kerap dimanfaatkan oleh para penggunanya yaitu mempermudah ketika melakukan pekerjaan-pekerjaan perhitungan. Jadi, perhitungan-perhitungan tersebut bisa dilakukan secara akurat.

Misalnya saja, untuk memperkirakan iklim atau cuaca pada waktu-waktu tertentu. Selain itu, perangkat ini juga berguna untuk memperkirakan atau meriset keadaan dari pemanasan global melalui simulasi fisik.

Sampai sekarang para pengguna yang lebih kerap memanfaatkan fungsi-fungsi dari komputer super ini yaitu dari kalangan militer dan ilmuan. Dengan memanfaatkannya, maka proses penelitian terhadap sesuatu menjadi sangat mudah.

Pekerjaan menggunakan superkomputer di kalangan militer salah satunya yaitu untuk melihat simulasi reaksi nuklir ketika ingin membuatnya menjadi senjata, tenaga listrik, dan lain sebagainya. Jadi, perangkat ini serbaguna.

Meskipun untuk kalangan awam masih sangat asing melihat atau menggunakan komputer super ini, kemungkinan di masa depan alat ini akan digunakan secara bebas. Jadi, Anda sudah paham bukan tentang pengertian superkomputer terkait fungsi dan kelebihannya.

Bagikan:

Tags: