Pengertian Server

Server menjadi salah satu komponen penting di dalam operasi komputer, lalu tahukah Anda tentang pengertian server dan beberapa jenis yang digunakan? Kebanyakan para pengguna awam memang tidak mengetahui sistem penting ini.

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, hampir setiap orang pasti memanfaatkan komputer untuk pekerjaannya. Dengan memanfaatkannya, maka pekerjaan yang dilakukan pasti menjadi lebih mudah untuk siapapun.

Meskipun secara garis besar orang mengetahui apa itu komputer dan bagaimana cara mengoperasikannya, namun masih awam tentang komponen di dalamnya. Setidaknya informasi tentang hal ini sangat membantu apabila Anda ingin meningkatkan performanya.

Misalnya saja, komponen server sendiri yang secara umum komponen ini bisa menjadi penghubung antara komputer satu ke komputer lainnya dalam penyimpanan. Selain itu, ada berbagai macam jenis server yang dipilih oleh para pengguna untuk berbagai macam keperluan.

Berikut Pengertian Server Komputer

Server pada komputer sendiri mungkin tidak bisa digambarkan secara fisik karena keberadaannya sendiri merupakan bagian dari sistem yang ada pada komputer. Meskipun begitu, keberadaannya terbilang sangat penting.

Pengertian server sendiri sebuah sistem pada komputer yang memiliki layanan sebagai penyimpan data. Keberadaan dari sistem ini sangatlah penting apabila Anda ingin melakukan pengiriman atau penerimaan data serta informasi apapun.

Penyimpanan data-data tersebut biasanya lebih kerap digunakan untuk ilmu pengetahuan, situs internet, atau menyimpan dokumen, begitu juga dengan informasi. Sedangkan data-data tersebut nantinya akan digunakan sebagai layanan.

Namun perlu Anda ingin untuk membuat server bisa bekerja jauh lebih maksimal, maka membutuhkan komputer dengan spesifikasi tinggi. Dengan begitu, saat digunakan nantinya, Anda tidak perlu harus mengalami masalah tidak perlu.

Jenis-jenis Server Komputer

Tidak hanya pengertian server saja yang perlu Anda pahami, melainkan Anda perlu mengetahui jenis-jenis dari server tersebut. Untuk mengetahui berbagai macam jenis, calon pengguna hanya perlu simak penjelasannya di bawah.

1. Mail Server

Salah satu jenis sistem komputer tersebut yaitu mail server, di mana sistem ini lebih mengarah pada pelayanan pengguna ketika ingin melakukan tukar pesan. Selain itu, sistem ini juga terdapat dua pembagian yakni surat masuk dan surat keluar.

Pemanfaatan dari mail server yaitu kerap digunakan oleh pebisnis sebagai media untuk melakukan marketing melalui pesan. Sedangkan fungsi signifikannya yaitu mampu mengirimkan banyak pesan untuk diberikan kepada banyak penerima.

2. Web Server

Berikutnya adalah web server, di nama sistem komputer ini merupakan jaringan untuk melayani HTTPS dan HTTP. Dengan begitu, data simpan tersebut akan diproses serta dapat dengan mudah dibaca oleh seorang pengguna maupun.

Tidak hanya itu saja, web server juga berguna untuk keperluan printer, router, kamera, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, wajar apabila Anda perlu mengetahui pengertian server dan jenis-jenisnya.

3. Database Server

Dari namanya sendiri database server juga menjadi salah satu sistem penting pada komputer. Peran dari jenis server yaitu sebagai pelayanan untuk pengelolaan basis data serta untuk melakukan penerimaan klien.

Sedangkan untuk fungsinya sendiri yaitu dapat membuat para pengguna mendapatkan layanan big data secara teratur. Sedangkan untuk akses server tersebut, Anda perlu mempertimbangkan dalam menggunakan bahasa quer.

4. File Server

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui tentang sistem berikutnya yaitu file server. Keberadaannya sendiri dapat memberikan akses keterkaitan dengan lokasi disk. Jadi, disk tersebut antara lain berisi foto, dokumen, video, dan lain sebagainya.

Sebenarnya masih banyak jenis-jenis sistem atau server pada komputer yang memiliki tugasnya masing-masing. Namun, setidaknya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu terkait pengertian server itu sendiri.

Bagikan:

Tags: