Pengertian Apa Itu Face ID iPhone

Pengertian Apa Itu Face ID iPhone

Memiliki ponsel merk iPhone menjadi salah satu gaya hidup yang paling banyak dilakukan oleh kalangan anak muda di masa sekarang karena fitur dan juga kecanggihan kamera yang ditawarkan oleh ponsel ini. Ponsel iPhone sekarang sudah dilengkapi dengan fitur Face ID yang hanya bisa diakses satu pengguna. Lantas, bagaimana pengertian apa itu Face ID iPhone?

Mengenal Pengertian Apa Itu Face ID iPhone

Face ID merupakan sebuah teknologi pengamanan berbasis biometrik yang memakai pengenalan wajah seorang pemiliknya di iPhone X sebagi pengganti dari touch ID yang sebelumnya digunakan di seri ponsel iPhone pendahulunya. Apple menggunakan lebih dari satu neural network yang dibuat khusus agar bisa berjalan di prosesor A11 Bionic sebagai fitur Face ID mereka.

Face ID iPhone bisa membandingkan model matematis dari wajah seorang pengguna yang membandingkannya dengan data yang sudah tersimpan pada saat pertama kali mengatur fitur ini. Model matematis wajah oemilik ini sudah disimpan secara khusus pada perangkat chip secure enclave yang tidak akan dikirim ke server Apple di manapun itu.

Cara Face ID iPhone Bekerja untuk Menentukan Pengguna Asli atau Foto?

Terkadang ada beberapa cara yang ingin dilakukan seseorang untuk membuka sebuah ponsel yang menggunakan fitur pengenal wajah dengan menggunakan foto si pemilik. Namun, Apple menggunakan metode TrueDepth pada kamera iPhone X yang terdiri dari beragam sensor dan teknologi untuk memastikan dan mendeteksi keaslian dari wajah yang dipindai kamera ponsel.

Jadi, meski Face ID iPhone bisa mendeteksi wajah pemilik, tetapi dengan fitur TrueDepth yang ada di dalamnya mampu membedakan dan memetakan kedalaman serta mengubahnya menjadi model matematis yang sudah disimpan sebelumnya. Apple sendiri tidak akan pernah membandingkan gambar yang dipindai dengan yang tersimpan begitu saja.

Perlu kamu ketahui, TrueDepth yang disematkan di dalam kamera iPhone X ini memiliki beberapa komponen yang unik dan tidak ada di kamera pemindai lainnya. TrueDepth kamera terdiri dari beberapa komponen yaitu:

  • 7PM camera
  • Infrared camera
  • Flood illuminator
  • Front camera dot projector (30K dots)
  • Proximity sensor
  • Ambient light sensor
  • Speaker Microphone

Apa yang Terjadi Jika Wajah Saya Mengalami Perubahan Seperti Tumbuh Kumis atau Memakai Kacamata?

Face ID iPhone tidak sedangkal dan semudah yang kamu kira begitu saja, ya. Apabila kamu memakai kacamata atau sudah tumbuh kumis ketika memindai, ponsel iPhone kamu tetap bisa terbuka karena di dalamnya terdapat lebih dari 30 ribu titik pemindai inframerah yang tentunya menjadi akurasi midel matematis dari wajah si pengguna yang sudah tersimpan.

Model matematis yang sudah disimpan di chip khusus neural networks ini dikelola dan dipelajari oleh perangkat agar tetap bisa membuka ponsel meski memakai kacamata atau berkumis. Face ID iPhone akan tetap bisa mengenali kamu karena ada titik pemindai inframerah yang sudah menentukan struktur wajah kamu dan menyimpannya di dalam chip khusus di dalamnya.

Apakah Face ID Bisa Digunakan untuk Membuka dan Menyimpan Aplikasi Lain?

Jika Face ID iPhone hanya untuk membuka ponsel saja, kamu salah besar. Pemindaian wajah yang digunakan ini sistemnya sama seperti Touch ID yang sudah terintegrasi dengan aplikasi lain apabila kamu ingin menguncinya. Face ID bisa digunakan untuk mengautentikasi pada aplikasi pihak ketiga seperti iPassword atau mobile banking kamu, ya.

Penambahan Attention Awareness yang Akan Membuat Ponsel Kamu Aman

Apa itu attention awareness? Jadi, fitur yang satu ini akan memastikan kamu benar-benar sepenuhnya sadar ketika akan melakukan pemindaian dengan Face ID. Orang tidak akan bisa dengan sengaja membuka ponsel kamu dengan memindai wajah di saat kamu tidur, jadi ponsel hanya bisa dibuka dan dipindai ketika kamu sedang dalam keadaan sepenuhnya sadar saja.

Bisakah iPhone X dan Seri Atas Menyimpan Lebih dari Satu Wajah di Dalam Face ID?

Meski pada face ID iPhone terlihat aman, sayangnya kamu tidak bisa menambahkan wajah lain untuk membuka ponsel kamu. Karena Apple hanya mengizinkan satu wajah saja yang tersaftar di dalam Face ID. Orang lain harus mendapatkan passcode dari kamu sebelum membuka dan menggunakan ponsel milik kamu dahulu.

Sudah Memahami Pengertian Apa Itu Face ID iPhone?

Nah, jadi itu dari sedikit penjelasan mengenai fitur Face ID yang sudah ditanam di dalam ponsel iPhone X dan seri ke atas untuk proteksi keamanan terbaik agar tidak mudah kecolongan. Kamu harus memahai pengertian apa itu face ID iPhone agar bisa menggunakannya dengan baik dan juga aman.