Penemu NFT

Penemu NFT tentu mejadi awal mula kemunculan penemuan inovasi baru ini. Pada tahun 2021, jenis seni dan investasi baru muncul ke kancah dunia dengan rekor penjualan Beeple’s Everydays: NFT 5000 pada Hari Pertama oleh Christie seharga $69 juta.

Namun, fakta yang sedikit kita ketahui adalah bahwa NFT telah ada lebih lama dari itu, dan meskipun 2021 menjadi tahun NFT, itu bukanlah tahun penemuan mereka.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pengertian NFT dan mempelajarinya dengan tepat, ada baiknya mempelajari lebih banyak tentang sejarah token yang tidak dapat kita pertukarkan. Dan juga peristiwa yang menyebabkannya menjadi tren dan mendapatkan popularitas yang mereka miliki dalam beberapa tahun terakhir.

Apa Itu NFT?

Kepanjangan NFT yaitu non-fungible tokens. NFT dapat mewakili kepemilikan di hampir semua hal, mulai dari seni digital hingga real estat virtual.

Sering terbukti sulit untuk mendemonstrasikan hak dalam ruang aset digital. Tetapi dengan terkenalnya NFT, mendemonstrasikan kepemilikan menjadi lebih aman dan mudah.

Berlawanan dengan bitcoin atau dolar, NFT tergambarkan sebagai Non-Fungible Token karena masing-masing unik dan memiliki nilainya sendiri.

Time-Line NFT

Demi kejelasan siapa penemu NFT, kami telah meringkas sejarah singkat ini menjadi garis waktu yang rapi dari peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah NFT. Masing-masing peristiwa ini juga akan kami bahas lebih detail saat kami menggali lebih dalam sejarah NFT dalam artikel ini.

Tinjauan Timeline NFT

2012-2016 – Sejarah Awal NFT

Awal kemunculan Koin Berwarna. Kevin McCoy menciptakan NFT pertamanya yaitu Quantum. Terdapat rekanan dan juga mantra Genesi. Kemudian meme mulai dicetak sebagai NFT

2017-2020 – NFT Menjadi Arus Utama

NFT mulai bergeser ke Ethereum. Standar token juga mulai diperkenalkan. Kemunculan Cryptopunks dan Cryptokitty. Berkembangnya Game NFT dan Metaverse (Decentraland (MANA). Platform dan game dengan Enjin Coin (ENJ), dan Axie Infinity (AXS) bermunculan.

2021 – Tahun NFT

Rumah lelang bergengsi mulai menjual seni NFT. NFT Beeple terjual dengan jumlah meraih rekor.

Blockchain lain mulai terlibat dengan NFT versi mereka sendiri (Cardano, Solano, Tezos, Flow, dll). Terdapat lonjakan permintaan untuk NFT, terutama di metaverse. Facebook berganti nama menjadi Meta dan pindah ke metaverse.

 

Sejarah Garis Waktu dan Penemu NFT

Berikut garis waktu peristiwa dalam sejarah singkat dan penemu NFT sedikit lebih dalam.

a.    2012-2016 – Sejarah Awal NFT

Jauh sebelum Ethereum ada, konsep yang menjadi kekuatan pendorong NFT sudah dipikirkan ketika pada tahun 2012, sebuah makalah oleh Meni Rosenfield dirilis yang memperkenalkan konsep ‘Koin Berwarna’ untuk blockchain Bitcoin.

Gagasan Koin Berwarna adalah untuk menggambarkan kelas metode untuk mewakili dan mengelola aset dunia nyata di blockchain untuk membuktikan kepemilikan aset tersebut; mirip dengan Bitcoin biasa, tetapi dengan elemen ‘token’ tambahan yang menentukan penggunaannya, membuatnya terpisah dan unik.

Keterbatasan Bitcoin berarti bahwa konsep Koin Berwarna tidak akan pernah bisa direalisasikan, namun, itu meletakkan dasar untuk percobaan yang mengarah pada penemuan NFT.

Pada tanggal 3 Mei 2014, seniman digital Kevin McCoy mencetak ‘Quantum’ NFT pertama yang diketahui di blockchain Namecoin. ‘Quantum’ adalah gambar digital dari segi delapan berpiksel yang secara menghipnotis mengubah warna dan berdenyut dengan cara yang mengingatkan pada gurita.

Menyusul peristiwa ini, sejumlah besar eksperimen dan pengembangan terjadi dan ada platform yang dibangun di atas blockchain Bitcoin. Blockchain Ethereum juga memulai pemerintahan awalnya atas NFT.

Platform Counterparty (Bitcoin 2.0) berdiri dan memperoleh pijakan sebagai platform yang memungkinkan pembuatan aset digital.

Spells of Genesis mengikuti jejak Counterparty dan mulai memelopori penerbitan aset dalam game.

2016 memberi isyarat pada usia meme dan melihat rilis sejumlah Langka Pepes NFT di platform Counterparty.

Penting untuk kita catat, bagaimanapun, adalah bahwa blockchain Bitcoin tidak pernah dimaksudkan untuk kita gunakan sebagai basis data untuk token yang mewakili kepemilikan aset, dan dengan demikian memulai perubahan besar untuk NFT ke blockchain Ethereum.

b.    2017-2020 – NFT Menjadi Arus Utama

Pergeseran besar untuk NFT ke Ethereum dengan pengenalan seperangkat standar token. Standar token adalah anak perusahaan dari standar kontrak pintar. Termasuk untuk memberi tahu pengembang cara membuat, menerbitkan, dan menggunakan token baru sejalan dengan teknologi blockchain yang mendasarinya.

Dua pengembang perangkat lunak; John Watkinson dan Matt Hall, menindaklanjuti kesuksesan dengan rangkaian NFT generatif mereka sendiri di blockchain Ethereum yang mereka beri merek sebagai CryptoPunks.

CryptoPunk awalnya mereka tawarkan secara gratis. Proyek eksperimental, terbatas pada 10.000 buah tanpa dua karakter yang sama, terinspirasi oleh budaya punk London dan gerakan cyberpunk.

Selama hackathon terbesar di dunia untuk ekosistem Ethereum, studio ventura yang berbasis di Vancouver Axiom Zen memperkenalkan CryptoKitties.

CryptoKitties adalah game virtual berdasarkan blockchain Ethereum. Game ini memungkinkan pemain untuk mengadopsi, membiakkan, dan memperdagangkan kucing virtual, menyimpannya di dompet crypto.

Tidak lama kemudian game tersebut menjadi sangat populer. Sehingga CryptoKitties menyumbat blockchain Ethereum dan orang-orang mulai menghasilkan keuntungan yang luar biasa.

Mengikuti kesuksesan besar CryptoKitties, game NFT benar-benar mulai mendapatkan momentum dan bergerak maju dengan NFTS semakin menarik perhatian publik.

Proyek game Non-Fungible Token dan metaverse menjadi sorotan dan yang pertama kali melakukan terobosan di ruang ini adalah Decentraland (MANA). Platform VR terdesentralisasi di blockchain Ethereum.

Decentraland adalah platform game dunia terbuka yang memungkinkan pemain untuk menjelajahi, bermain game, membangun, mengumpulkan item, dan banyak lagi. Semua yang Anda temukan, hasilkan, dan bangun di sana, Anda miliki di blockchain.

Tidak lama kemudian platform dan game lain yang menggunakan Enjin Coin (ENJ) muncul, memungkinkan pengembang untuk menandai item dalam game mereka di Ethereum, memberikan nilai pada item dalam game tersebut di dunia nyata.

c.    2021 – Tahun NFT

Tahun 2021 menjadi tahun NFT dan terjadi ledakan besar serta lonjakan pasokan dan permintaan NFT.

Salah satu faktor terbesar dalam ledakan ini adalah perubahan besar yang terjadi di dalam pasar seni dan industri pada umumnya, ketika rumah lelang bergengsi; Christie’s dan Sotheby’s, tidak hanya membawa lelang mereka ke dunia online tetapi juga mulai menjual seni NFT.

Hal ini menyebabkan penjualan Beeple’s Everydays: NFT 5000 Hari Pertama yang memecahkan rekor oleh Christie seharga $69 juta. Penjualan sebesar itu dari rumah lelang bergengsi secara signifikan memvalidasi pasar NFT.

Selain lonjakan permintaan untuk NFT yang ada dari hasil lelang Christie yang terkenal. Efek lanjutan lainnya adalah keterlibatan blockchain lain dan memulai versi NFT mereka sendiri.

Hal ini termasuk blockchains seperti Cardano, Solano, Tezos dan Flow. Dengan platform NFT yang lebih baru ini, beberapa standar baru kita tetapkan untuk memastikan keaslian dan keunikan aset digital yang dibuat.

Menjelang akhir tahun, setelah Facebook berganti nama menjadi Meta dan pindah ke metaverse, lonjakan permintaan NFT dan terutama di dalam metaverse sangat luar biasa.

Bagaimana Masa Depan NFT?

Terlepas dari beberapa ketidakpastian yang telah terbagikan tentang NFT selama beberapa tahun terakhir, satu hal yang tetap pasti, NFT akan tetap ada dan mereka akan menjadi bagian besar dari masa depan dunia seni.

Pasar seni atau daftar NFT marketplace telah banyak berubah dalam beberapa tahun terakhir dan akibat pandemi di pasar seni telah menyebabkan pergeseran yang lebih besar dari modus operandi tradisional.

Beranjak dari zaman penemuan, eksperimen, dan ledakan besar, ada peluang tak terbatas dan potensi tak terbatas untuk masa depan NFT sekarang karena mereka ada dalam ruang arus utama.

Itulah sekilas uraian Article Void mengenai bagaimana awal mula perkembangan beserta penemu NFT sehingga bisa menjadi seperti saat ini.

Bagikan:

Tags: