pendekatan artificial intelligence modern

Banyak yang mengira jika artificial intelligence hanya untuk perusahaan besar dan startup saja. Namun, siapa sangka, kecerdasan buatan juga memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan. Lalu, bagaimana sih pendekatan artificial intelligence modern untuk dunia pendidikan atau jurusan artificial intelligence?

Pendekatan Artificial Intelligence untuk Dunia Pendidikan

Berbicara tentang pendekatan modern pada artificial intelligence untuk dunia pendidikan, pasti menyangkut perkembangan artificial intelligence itu sendiri pada dunia pendidikan.

Perkembangan tersebut tentu dibuktikan dengan adanya proses pembelajaran, dan penilaian secara modern dengan memanfaatkan AI ini. Dengan memanfaatkan AI ini, diharapkan proses pembelajaran dan penilaian akan lebih efektif dan tentunya bisa meringankan beban baik untuk murid dan pengajar.

Nah, berikut ini pendekatan atau strategi yang modern untuk dunia pendidikan dengan penerapan AI pada proses pembelajaran dan penilaian.

1. Menyesuaikan Kebutuhan Murid dengan Teknologi Smart Content

Salah satu pendekatan AI modern untuk dunia pendidikan adalah dengan mendukung kebutuhan murid dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan dengan menggunakan teknologi smart content.

Fungsi dari teknologi smart content adalah untuk menemukan content atau materi sesuai kebutuhan. Di mana pastinya materi tersebut berbentuk digital, sehingga murid dan bisa menemukan materi dengan mudah, hanya melaui virtual. Sebagai contohnya adalah menemukan materi atau buku digital di perputakaan digital.

Cara kerja AI pada smart content ini yaitu dengan menemukan, lalu mengkategorikan buku atau materi yang Anda cari dengan cepat, dan terstruktur. Bahkan, AI juga akan menampilkan buku atau materi lain yang relevan dengan apa yang Anda cari.

Tentu saja hal tersebut sangat menguntungkan murid dalam mencari informasi tentang materi pembelajaran. Di mana murid bisa mencari buku yang berisi materi pembelajaran dengan spesifik dan tentunya tidak membutuhkan waktu yang lama.

2. Tersedianya Personalized Learning

Adanya personalized learning juga membuktikan adanya pendekatan AI modern untuk support dunia pendidikan. Dengan adanya personalized learning ini membuat murid seolah memiliki asisten pribadi.

Alasannya tentu karena AI melalui personalized learning ini akan merekomendasikan konten, jadwal pembelajaran untuk pengguna atau murid. Bukan hanya itu saja, AI juga akan mendapatkan cara alternatif dalam proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan murid itu sendiri.

Untuk itu, sebelum mempermudah proses pembelajarannya, AI atau kecerdasan buatan akan mengumpulkan data yang berupa aktivitas dari murid tersebut. Dengan data tersebut, mesin atau software berbasis AI akan belajar secara otomatis, sehingga bisa menghasilkan sebuah inovasi yang mempermudah proses pembelajaran.

3. Adanya Mentor Virtual

Sekarang ini, banyak bermunculan platform penyedia layanan pendidikan berupa belajar online. Di mana proses belajarnya nanti dilakukan secara daring atau virtual.

Pembelajaran secara daring ini tentu memanfaatkan mentor virtual. Di sini, mentor virtual membantu guru membagi materi pembelajaran, latihan soal, tugas, hingga informasi penting lainnya yang tentu saja masih berkaitan dengan pembelajaran.

Selanjutnya, mentor virtual ini juga bisa sebagai fasilitas guru untuk memberikan feedback akan aktivitas murid. Selain itu, melalui mentor virtual ini, guru mampu mengetahui perkembangan muridnya.

Di sisi lain, dengan mentor virtual, murid dan guru berinteraksi dengan mudah. Sebab, setiap murid bisa dengan mudah bertanya mengenai materi, tugas, penilaian dan yang lainnya.

Nah, dengan pertanyaan yang diajukan murid, guru bisa menyimpulkan apakah siswa sudah memahami betul materi yang diajarkan atau tidak. Jadi, nantinya, guru bisa mengambil tindakan untuk memperbaiki dan meningkatkan pemahaman murid.

4. Pemanfaatan Voice Assistant

Inovasi berikutnya yang digunakan sebagai pendekatan AI modern untuk pendidikan adalah voice assistant. Sebenarnya, voice assisten atau asisten suara ini memiliki fungsi yang sama dengan smart content.

Fungsinya yaitu mempermudah murid untuk menemukan materi atau buku secara digital.  Bedanya, pencarian materi dengan voice assistant hanya dengan menyebutkan kata kuncinya saja. Murid tidak perlu repot untuk mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian.

Tak hanya itu, voice assistant sebagai salah satu produk AI ini juga bisa berbicara guna menjelaskan informasi tentang materi yang telah murid cari. Hasilnya, murid bisa mendapatkan informasi yang jelas dan akurat.

Dari pendekatan AI modern ini, voice assistant juga bisa membuat belajar secara mandiri. Pasalnya, murid bisa belajar dan memahami materi dengan mudah meski tanpa dampingan dari guru.

Meski begitu, murid bisa juga nantinya mempertanyakan materi yang telah murid pelajari melalui voice assistant ini kepada guru. Bahkan, dengan materi yang telah murid dapatkan, murid bisa melakukan diskusi dengan guru lebih mudah untuk memperdalam materi.

Oh ya, sebagai informasi tambahan, voice assistant ini juga bisa digunakan oleh guru untuk mencari bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan murid.

5. Pendekatan Melalui Presentation Translator

Untuk mendukung perkembangan pendidikan, murid maupun pengajar bisa melakukan tindakan pendekatan AI modern dengan memanfaatkan presentation translator.

Presentation translator ini memanfaatkan teknologi AI Speech Recognition untuk melakukan terjemahan. Sehingga, guru maupun murid bisa mengerti dan memahami dengan mudah materi dalam bahasa asing, seperti menulis esai kecerdasan buatan 300 kata.

Cara kerja dari presentation translator ini juga mampu meringankan pengguna untuk menerjemahkan materi. Pasalnya, presentation translator ini memiliki cara kerja yang sama dengan voice assistant, yaitu menerjemahkan materi dengan asisten suara.

Pemanfaatan salah satu fitur AI ini cocok diimplementasikan kepada pengguna yang keterbatasan dalam bahasa asing. Selain itu, presentation translator ini juga bisa mendukung proses pembelajaran untuk murid yang memiliki keterbatasan pada penglihatan.

6. Penggunaan Kursus Global

Berikutnya, kursus global atau global course juga bisa Anda implementasikan untuk pendekatan AI modern dalam bidang pendidikan. Dalam hal ini, course global ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan murid.

Sebab, global course bekerja untuk mempermudah murid mengikuti kursus online di seluruh dunia. Dengan begitu, selain menambah wawasan dan pengetahuan, mengikuti kursus juga bisa mengasah minat dan bakat murid.

Kendati begitu, murid tentu tentu harus menyesuaikan kursus sesuai dengan minat dan bakatnya. Soalnya, kursus berbasis AI ini ada fitur personalisasi. Di mana nanti akan ada informasi tentang materi, soal latihan hingga hasil kursus. Apakah ada kemajuan atau tidak setelah murid mengikuti kursus.

Perlu Anda ketahui juga, global course bukan hanya untuk murid saja, guru serta individu lainnya juga bisa mengikuti kursus yang sudah berbasis AI ini.

7. Penggunaan Automatic Assessment

Produk lain AI dalam upaya pendekatan AI modern dalam bidang pendidikan adalah automatic assessment. Dalam hal ini, automatic assessment mempermudah guru untuk melakukan penilaian terhadap murid.

Tak heran, banyak guru yang lebih memilih auutomatic assessment dari pada penilaian secara offline. Sebab, produk AI yang satu ini bisa membantu guru untuk mempersiapkan penilaian yang tentunya berbeda. Penilaiannya bisa melalui kuis ataupun game.

Kemudahan lainnya yaitu guru tidak perlu menyusun soal dan mengoreksi jawabannya. Ini karena semuanya sudah tersistem secara otomatis.

Nah, itulah penejalsan Article Void tentang pendekatan artificial intelligence modern untuk dunia pendidikan dengan menggunakan produk teknologi AI. Kendati pendekatan tersebut mampu mengembangkan pendidikan ke arah yang lebih maju, pendekatan tersebut tentu tidak akan bisa menggantikan posisi guru yang sebenarnya. Pasalnya, AI tidak mengajarkan moral.

 

Bagikan:

Tags: