makalah mobil listrik

Membuat makalah adalah hal yang mudah untuk Anda lakukan. Misalnya saja membuat makalah mobil listrik ataupun makalah artificial intelligence. Ada banyak contoh makalah terkait mobil listrik yang dapat Anda jadikan acuan.

Untuk membuat makalah terbaik, Anda wajib menyiapkan kerangka terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda dapat menulis makalah secara sistematis. Berikut ini adalah aturan penulisan makalah yang dapat Anda aplikasikan untuk topik mobil listrik:

Aturan Penulisan Makalah Mobil Listrik

Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa kerangka makalah sebaiknya Anda siapkan terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga wajib menyiapkan data yang berhubungan dengan materi makalah itu sendiri.

Untuk topik mobil listrik, Anda dapat menemukan materinya dengan mudah. Untuk mendapatkan materi tersebut Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu, baik dengan cara terjun langsung ke lapangan ataupun mencari menggunakan fasilitas internet.

1. Membuat Kerangka Makalah Mobil Listrik

Bukan hanya untuk makalah, kerangka merupakan proses awal yang harus Anda lakukan ketika hendak membuat jenis tulisan apapun. Susunan kerangka makalah dapat Anda buat dengan urutan sebagai berikut:

  • Cover makalah
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Bab I (Memuat pendahuluan, latar belakang, rumusan masalah, serta tujuan penulisan makalah itu sendiri)
  • Bab II (Memuat inti pembahasan makalah)
  • Bab III (Memuat penutup, kesimpulan makalah dan saran dari penulis terkait materi tulisannya tersebut)
  • Daftar Pustaka
  • Lampiran

2. Cara Menentukan Cover Makalah Terbaik

Dalam pembuatan makalah, cover adalah salah satu aspek yang tidak boleh luput dari perhatian.

Karena, cover merupakan bagian pertama dari makalah yang akan terlihat. Cover makalah terbaik akan menarik perhatian orang lain sehingga berminat membaca isinya.

Membuat cover makalah dapat Anda lakukan dengan berbagai cara yang mudah. Salah satu cara yang mudah Anda aplikasikan yaitu membuatnya dengan Microsoft Word. Anda dapat membuatnya dengan memenuhi beberapa bagian utama cover makalah seperti berikut ini:

  • Judul makalah
  • Tujuan makalah
  • Logo makalah
  • Data penyusun makalah
  • Identitas lembaga dari penyusun makalah

Selain membuat cover makalah menggunakan Microsoft Word, ada banyak aplikasi penulisan lainnya yang dapat Anda gunakan. Namun, bagi Anda yang ingin menggunakan Microsoft Word, aplikasikan cara berikut ini:

  • Siapkan aplikasi Microsoft Word di laptop ataupun PC
  • Buka aplikasi Microsoft Word kemudian temukan menu ‘Page Setup’
  • Selanjutnya ubah pengaturan kertas sesuai keinginan Anda atau pilih ukuran yang pas dengan bagian isi makalah
  • Siapkan file makalah dan buatlah halaman baru untuk cover pada bagian awal
  • Selanjutnya klik ‘Insert’
  • Pilih menu ‘Cover Page’ untuk memunculkan referensi template dari desain yang dapat Anda pilih
  • Lanjutkan dengan memilih salah satu cover favorit Anda atau bisa juga menyesuaikan template yang cocok dengan topik pembahasan, yaitu makalah mobil listrik
  • Selanjutnya desain cover yang telah Anda pilih tersebut akan terpasang secara otomatis pada halaman baru pada bagian awal dokumen
  • Tahap berikutnya, Anda dapat mengatur tulisan pada cover sesuai dengan kebutuhannya

3. Cara Membuat Kata Pengantar untuk Makalah

Seperti yang Anda ketahui, kata pengantar merupakan tulisan pembuka pada sebuah karya kepenulisan. Pada bagian kata pengantar tersebut Anda dapat menuangkan berbagai hal yang umum terkait dengan makalah itu sendiri.

Misalnya saja, ucapan syukur dan terima kasih, baik kepada Sang Maha Pencipta ataupun pada berbagai pihak yang telah memberikan bantuan bagi Anda dalam menulis makalah tersebut. Selain itu, Anda juga bisa meminta saran dari pembaca terkait isi makalah.

Pada umumnya, penulisan kata pengantar pada setiap karya tulis bertujuan untuk mengantarkan para pembaca pada isi tulisan. Karena itu, kata pengantar wajib Anda buat dengan kalimat yang dapat membangkitkan minat pembaca untuk menuntaskan bacaannya.

Setelah mengetahui tujuan penulisan kata pengantar tersebut maka makin mudah bagi Anda untuk menulisnya. Intinya, kata pengantar terbaik wajib memenuhi bagian-bagian penting seperti berikut ini:

  • Bagian pembuka
  • Menyampaikan isi kata pengantar
  • Penutup

4. Melengkapi Isi Makalah

Pada tahap melengkapi isi makalah, Anda bisa membuatnya dengan beberapa bagian. Yaitu membaginya menjadi bab agar tulisan makalah tersebut lebih teratur sehingga tidak membingungkan saat dibaca.

Bab I dapat memuat pendahuluan, latar belakang, rumusan masalah, serta tujuan penulisan makalah mobil listrik. Pada bagian pendahuluan Anda dapat menuliskan gambaran umum terkait topik pembahasan serta alasan yang melatarbelakangi penulisan makalah tersebut.

Berikutnya Anda wajib menuliskan rumusan masalah. Bagian ini merupakan uraian singkat dari kemungkinan timbulnya berbagai pertanyaan ‘mengapa atau bagaimana’ terkait makalah tersebut.

Anda dapat mengambil beberapa bagian dari materi inti, kemudian proyeksikan menjadi kalimat tanya. Dengan demikian, makalah yang Anda tulis tersebut akan memiliki batasan jelas serta fokus pada inti masalah yang sebenarnya.

Pada bab II, Anda dapat memuat inti pembahasan makalah mobil listrik atau sistem kelistrikan mobil dengan menyertakan data-data konkret terkait pokok bahasan tersebut. Beragam data tentunya dapat Anda ambil dari hasil riset yang telah dilakukan sebelumnya.

Perlu Anda ketahui, ada tiga jenis makalah yang telah umum digunakan. Mengetahui ketiga jenis makalah tersebut dapat memudahkan Anda dalam proses membuatnya. Berikut ini tiga jenis makalah yang dapat Anda jadikan acuan penulisan:

●  Makalah Deduktif

Makalah deduktif merupakan bentuk tulisan berdasarkan kajian teoritis yang masih relevan dengan pembahasan permasalahan.

● Makalah Induktif

Sedangkan untuk makalah induktif adalah tulisan berdasarkan data empiris yang objektif dari lapangan serta relevan dengan topik pembahasan.

  • Makalah Campuran

Tipe kakalah campuran ini merupakan gabungan antara dua jenis sebelumnya, yaitu deduktif dan induktif. Sehingga pada umumnya penulis makalah campuran akan menulis berdasarkan kajian teoritis serta data empiris.

Namun, penulisan makalah campuran terbagi lagi pada enam kategori yang berdasarkan subjek dari pembahasan rumusan masalah. Kategori tersebut meliputi makalah ilmiah, makalah kerja, makalah kajian, makalah posisi, makalah analisis dan makalah tanggapan.

Sedangkan makalah ilmiah merupakan tulisan yang bersumber dari hasil studi secara langsung. Sehingga, isi makalah bukan merupakan pendapat atau opini pribadi dari penulis. Dengan demikian, penulis dapat bertanggung jawab berdasarkan hasil studi tersebut.

Sementara itu, makalah kerja adalah tulisan yang berdasarkan pada hasil penelitian. Dengan hasil penelitian tersebut penulis dapat berargumentasi terkait permasalahan pembahasan, misalnya saja tentang makalah mobil listrik.

Pada makalah kajian pada umumnya memuat tulisan terkait pemecahan suatu masalah yang kontroversial. Sedangkan tulisan yang pembuatannya berdasarkan permintaan salah satu pihak, secara otomatis masuk pada kategori makalah posisi.

Biasanya makalah tersebut merupakan pesanan yang berfungsi untuk menjadi alternatif pemecahan masalah kontroversial. Sehingga, menggunakan proses penulisan topik pembahasan secara ilmiah.

Jenis lainnya adalah makalah analisis yang merupakan bentuk tulisan objektif-empiris. Penggunaan data berdasarkan hasil dari sebuah penemuan, pengamatan, serta percobaan yang benar-benar dilakukan.

Kategori terakhir adalah makalah tanggapan yang merupakan jenis tulisan untuk memenuhi tugas kuliah dari mahasiswa. Pada umumnya kategori makalah tanggapan ini memuat reaksi penulis terhadap suatu bahan bacaan.

Kesimpulan

Demikian rangkuman articlevoid tentang berbagai aspek terkait penulisan makalah yang dapat Anda jadikan acuan. Dengan mengetahui serta memahaminya terlebih dahulu akan membantu Anda dalam menulis sebuah makalah.

Untuk makalah mobil listrik sendiri, Anda cukup melakukan riset atau penelitian kemudian menuangkan hasilnya dalam bentuk tulisan. Buatlah tulisan yang sistematis agar pembaca tertarik membaca makalah Anda sampai tuntas.

Bagikan: