Makalah Artificial Intelligence

Ingin mengenal tentang artificial intelligence? Tenang saja, sudah banyak makalah artificial intelligence yang beredar secara online maupun offline. Dari makalah tersebut, Anda bisa mengenal berbagai aspek terkait kecerdasan buatan atau AI.

Mungkin Anda masih asing dengan nama AI ini terlebih bagi masyarakat tanah air karena tergolong sebagai hal yang baru. Akan tetapi, artificial intelligence sudah masuk ke Indonesia hingga sudah banyak penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Apa itu Artificial Intelligence?

Saat berkeinginan untuk mempelajari tentang AI, hal dasar yang perlu Anda ketahui adalah pengertian artificial intelligence itu sendiri. Pasalnya, banyak pakar dan para ahli yang sudah merumuskan tentang definisi dari AI atau kecerdasan buatan tersebut.

Meskipun begitu, penjelasan definisi para pakar dan ahli tentu akan memudahkan Anda untuk memahaminya. Tidak heran jika banyak orang mengatakan bahwa pengertian dari artificial intelligence sangat luas.

Makalah artificial intelligence juga akan menjabarkan tentang hal tersebut sehingga tidak perlu bingung untuk mempelajarinya.  Sebenarnya artificial intelligence atau kecerdasan buatan merupakan kecerdasan buatan yang manusia rancang serta kembangkan.

Teknologi AI atau kecerdasan buatan yang canggih bisa berpikir dan bertindak secara rasional layaknya manusia. Bahkan hingga muncul anggapan bahwa teknologi satu ini bisa menjadi pengganti manusia nantinya jika terus mengalami perkembangan.

Apa Saja jenis Artificial Intelligence?

Belajar tentang artificial intelligence memang cukup menarik karena masih baru di tanah air dan sedang populer saat ini. Tidak hanya terdiri dari satu macam saja, ada beberapa jenis artificial intelligence sebagai berikut:

1. Limited Memory

Limited memori atau memori terbatas merupakan jenis kecerdasan buatan yang berdasarkan ingatan atau pengalaman masa lalu. Dari pengalaman tersebut terkumpul informasi untuk pengambilan keputusan di masa depan.

2. Self Aware

Ingin mengenal artificial intelligence? Anda bisa belajar dari makalah artificial intelligence yang memuat berbagai aspek. Termasuk jenis dari AI, self aware tergolong sebagai salah satu jenis kecerdasan buatan yang berdasarkan kesadaran diri pada sistem.

3. Artificial Narrow Intelligence

Jenis kecerdasan buatan artificial narrow intelligence merupakan jenis yang paling umum pada kehidupan manusia. Akan tetapi, fungsi dari jenis AI satu ini terbatas karena hanya memiliki fungsi penyelesaian tugas cepat dengan kualitas yang sangat baik.

4. Artificial General Intelligence

Selain terdapat jenis artificial narrow intelligence yang memiliki fungsi terbatas, ada pula artificial general intelligence. Anda bisa menemukan berbagai penjelasan tentang AI dengan mengakses jurnal artificial intelligence.

5. Theory of Mind

Jenis selanjutnya adalah theory of mind atau terori pikiran, mesin akan mengambil keputusan tepat layaknya pemikiran manusia. Sekilas jenis theory of mind ini sama dengan self aware, namun tentu keduanya memiliki definisi dan fungsi yang berbeda.

6. Reactive Machine

Kecerdasan buatan yang paling dasar pada artificial intelligence adalah reactive machine atau mesin reaktif. Dalam makalah artificial intelligence dijelaskan bahwa mesin dapat mengidentifikasi dan merespon kondisi dalam berbagai situasi secara otomatis.

7. Artificial Super Intelligence

Dan jenis dari artificial intelligence yang terakhir adalah artificial super intelligence, tentu dari namanya Anda sudah bisa membayangkan. Jika general intelligence memiliki kemampuan kognitif, maka super intelligence memiliki kemampuan yang melebihinya.

Kelebihan AI menurut Makalah Artificial Intelligence

Apa saja kelebihan dari artificial intelligence atau manfaat artificial intelligence? Tentu Anda juga penasaran dengan kelebihan dari teknologi AI tersebut pastinya. Selain terdiri dari beragam jenis, artificial intelligence juga memiliki kelebihan antara lain:

1. Optimalisasi Pekerjaan

Siapa yang tidak ingin melakukan pekerjaan lebih mudah? Pastinya semua orang memiliki tugas atau pekerjaan yang ringan dan cepat selesai. Salah satu kelebihan dari artificial intelligence mampu mengoptimalisasi pekerjaan sehingga lebih cepat selesai dengan tepat.

2. Solusi Tugas Administratif

Makalah artificial intelligence tentu saja memuat berbagai pembelajaran terkait artificial intelligence yang sedang populer sekarang. Pasalnya, AI memiliki beberapa kelebihan seperti bisa menjadi solusi tugas administratif yang terlalu banyak atau rumit.

3. Analisis Data Rumit

Perlu Anda ketahui, setiap orang memiliki batas kemampuan berpikir masing-masing sehingga cukup terbatas. Dengan menggunakan artificial intelligence, Anda bisa melakukan analisis data rumit dan bahkan data tersebut sulit untuk terjangkau atau terpecahkan oleh otak manusia.

Kekurangan Artificial Intelligence

Layaknya teknologi pada umumnya, terdapat beberapa kekurangan artificial intelligence yang perlu Anda ketahui. Selain memiliki kelebihan, teknologi pasti memiliki kekurangan karena tidak ada hal yang bisa benar-benar sempurna.

· Tidak Kreatif

Salah satu kekurangan dari mesin yang menerapkan artificial intelligence yang perlu Anda ketahui adalah tidak kreatif. Pasalnya, mesin yang menggunakan teknologi AI hanya akan berpikir atau bertindak sesuai yang pernah manusia lakukan.

· Tidak Punya Etika

Dalam makalah artificial intelligence juga mengatakan mesin yang menggunakan teknologi AI juga tidak memiliki etika layaknya manusia meskipun bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan. Mesin hanya bisa berpikir dan melakukan tindakan tanpa bisa menunjukkan sopan santun saat melakukan pelayanan.

· Biaya Tinggi

Dan kekurangan lainnya saat memutuskan untuk menggunakan artificial intelligence adalah biayanya yang tergolong tinggi. Untuk membuat sekaligus menggunakan sistem artificial intelligence membutuhkan kompleksitas mesin sehingga membuat biaya tinggi.

5 Fakta Menarik Belajar Artificial Intelligence

Tidak hanya bisa mengenal pengertian hingga jenis dari artificial intelligence saja, terdapat beberapa fakta menarik yang tidak boleh terlewatkan. Apa saja fakta menarik dari artificial intelligence? Fakta menarik dari AI sebagai berikut:

1. Bukan Hal yang Baru

Sebenarnya artificial intelligence bukan hal baru karena sudah hadir sejak lama dan semakin populer saat ini. Bahkan saat ini perkembangan artificial intelligence semakin pesat sehingga bisa memberikan dampak positif.

2. Banyak Pilihan Mata Kuliah

Tertarik untuk mengambil jurusan artificial intelligence? Tidak kalah dengan jurusan lain yang menawarkan banyak pilihan mata kuliah. Memilih jurusan artificial intelligence tidak akan membosankan dan Amda bisa mempelajari makalah artificial intelligence.

3. Peluang Karier Luas

Hal yang menjadi pertimbangan saat memilih jurusan kuliah adalah peluang kariernya nanti sehingga bisa benar-benar terjamin. Termasuk jurusan AI juga menawarkan berbagai peluang karier bergengsi.

4. Produk sudah Beredar

Perlu Anda ketahui, produk yang menerapkan artificial intelligence sudah cukup banyak di Indonesia sama seperti di negara lain. Pasalnya, para ilmuwan dan teknisi terus menggali tentang AI sehingga banyak hadir produk artificial intelligence dalam kehidupan manusia.

5.  Bisa Belajar melalui Pendidikan Formal

Untuk mempelajari tentang artificial intelligence atau kecerdasan buatan tidak perlu mendaftar sekolah khusus atau kursus. Anda bisa mendapatkan berbagai ilmu dan contoh artificial intelligence melalui pendidikan formal.

Demikian sekilas pembahasan articlevoid yang tercantum dalam makalah artificial intelligence sehingga tidak sulit mempelajarinya. Dari makalah tersebut akan banyak ilmu dan manfaat yang bisa Anda peroleh untuk menerapkannya dalam kehidupan agar lebih maju.

Bagikan:

Tags: