Kode settlement BRI

Kode settlement BRI digunakan ketika seorang pebisnis ingin menyelesaikan transaksi offline menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) menggunakan payment gateway. Lalu bagaimana cara mengoperasikan perangkat EDC dan berapa kode settle BRI?

Satu-satunya hal yang perlu dilakukan adalah dengan menggesek atau memasukkan kartu kredit atau debit BRI. Sebelum mengonfirmasi transaksi dalam hal ini kode settle BRI dimasukkan, barulah masukkan PIN Anda.

Untuk menyelesaikan transaksi keuangan, settlement adalah fitur yang dapat digunakan merchant untuk mengirimkan notifikasi ke bank atau platform dompet digital lainnya, bahwa transaksi pada hari itu telah selesai.

Ketika merchant menyelesaikan proses settlement di EDC, mereka dapat memeriksa apakah pendapatan mereka telah tercatat secara akurat di sistem dengan membandingkan struk cetak untuk setiap transaksi yang berhasil.

Dana yang dapat diselesaikan adalah transaksi dari konsumen yang telah melunasi seluruh pembayaran, dan sementara payment gateway sedang memproses prosedur penyelesaian secara online.

Karena settlement mengacu pada penyelesaian transaksi, maka maksud dari settlement BRI adalah untuk menyelesaikan transaksi sampai dengan datangnya struk. Untuk Kode settle BRI sendiri adalah 4560.

Sketsa Penggunaan Kode Settlement BRI dalam Transaksional

Dengan menggunakan kartu debit, Anda melakukan suatu pembelian. Kartu debit kemudian digesek atau dimasukkan ke dalam mesin EDC yang biasanya ada di kasir, berbentuk seperti kalkulator untuk menyelesaikan transaksi.

Transaksi pengiriman uang dari rekening Anda akan berhasil diselesaikan saat kasir memasukkan kode settlement, kemudian mengetik nominal lalu Anda kemudian memasukkan PIN ATM.

Namun, uang tersebut belum ditransfer ke rekening penjual atau toko tersebut, itu baru masuk ke bank. Penjual masih harus melaksanakan penyelesaian untuk tujuan mentransfer uang.

Idenya adalah mengatur transaksi nontunai dengan bank dan menyimpan kwitansi sebagai bukti pembayaran dari pelanggan.

Setelah semuanya selesai, uang yang awalnya ditempatkan bank akan dipindahkan ke akun penjualan dan ditetapkan sebagai pendapatan. Sebenarnya dana dari rekening pembeli sudah dipindahkan ke bank, namun masih tertahan.

Beberapa Tindakan atau Langkah-langkah yang kasir lakukan untuk menggunakan mesin EDC dan memasukkan kode settlement BRI, termasuk :

  1. Nyalakan mesin EDC terlebih dulu
  2. Tekan tombol Fungsi, klik angka 1 dan tekan enter
  3. Selanjutnya pilih menu yang terkait dengan kartu yang digesek, dalam hal ini kartu BRIZZI, lalu pilih BRIZZI dan klik enter
  4. Lanjutkan ke settlement BRI dan masuk Kembali
  5. Setelah itu masukkan kode settle BRI 4560
  6. Akan ada sedikit waktu tunggu sebelum jumlah nominal transaksi muncul. Jika sudah, klik atau pilih YA
  7. Bukti struk transaksi akan muncul dan barulah transaksi selesai

Komponen Mesin EDC yang Mendukung Proses Settlement BRI

Desain mesin EDC akan mencakup perangkat gesek kartu, keyboard, dan layar. Setiap tombol akan memiliki tujuan unik yang memerlukan beberapa informasi latar belakang untuk dipahami.

Meskipun merek mesin berbeda, tombol EDC umumnya memiliki tata letak yang sama. Untuk memudahkan transaksi sebagai pedagang, Anda harus memahami cara kerja setiap fungsi tombol.

Oleh karena itu, tombol Fungsi biasanya memiliki ikon F atau lingkaran. Lihat rincian berikut untuk memahami setiap komponen lebih lengkap :

F1: untuk menu BRIZZI, serta tombol NO or not

F2 : untuk mengakses menu APPL BRI

F3 : untuk membuka menu Void atau membatalkan transaksi

F4 : digunakan untuk meluncurkan menu utama dan untuk mengaktifkan tombol “yes” setelah memasukkan kode settlement BRI

1: Merupakan tombol navigasi paling atas

2: Tombol navigasi mengarah ke bawah

3: Komponen penggesek kartu debit atau kredit

4: Tombol pintasan untuk mengakses fungsi fitur dengan cepat

5: Tombol keluar atau batal

6 : Tombol untuk menerima atau mengonfirmasi transaksi

7 : Jika ada kesalahan, tekan tombol ini

Selanjutnya ada gambar layar mesin EDC BRI di sebelah kanan yang menunjukkan tanggal dan waktu, provider yang digunakan, signal bar, dan space untuk menampilkan semua transaksi.

Pemilik mesin EDC wajib mengetahui kode settlement beberapa bank; jika tidak, mereka tidak dapat menggunakan mesin tersebut untuk melakukan transaksi.

Untuk sementara, dalam menyelesaikan transaksi menggunakan mesin EDC dan melihat dokumentasi transfer atau tanda terima, Anda sebagai penjual harus memasukkan angka 4560 sebagai kode settlement BRI.

Bagikan:

Tags: