Kenapa iPhone di Charge Tidak Nambah

5 Alasan Kenapa iPhone di Charge Tidak Nambah

Ponsel iPhone kamu mengalami masalah pada saat dicas? Kamu bertanya-tanya kenapa iPhone di charge tidak nambah? Permasalahan klasik yang dialami oleh sejuta umat pemilik ponsel ini selalu terjadi baik di pengguna iPhone ataupun Android sekalipun. Ponsel yang tidak bisa dicas menjadi salah satu masalah yang muncul apabila ponsel dipakai dalam kondisi terlalu lama.

Ada beberapa penyebab dan kamu harus mengetahui apa penyebabnya dengan memperhatikan beberapa komponen iPhone yang berkaitan dengan pengisian daya. Kamu bisa mencoba memperbaikinya sendiri terlebih dahulu sebelum membawanya ke service center. Yuk, perhatikan beberapa cara di bawah ini untuk mengetahui penyebab kenapa ponsel kamu tidak bisa dicas.

Penyebab Kenapa iPhone di Charge Tidak Nambah

  1. Cek Kabel dan Adaptor Charger

Ketika kamu bertanya kenapa iPhone di charge tidak nambah adalah dengan langsung mengecek kondisi kabel USB dan adaptor dari charger kamu. Ponsel iPhone memang dikenal sebagai ponsel dengan harga selangit dan kualitas yang bagus, tetapi sayangnya kabel dan juga adaptor charger iPhone justru memiliki kualitas yang tidak sebanding dan sangat payah sekali.

Terkadang kabel iPhone ini mudah sekali rusak karena tidak menggunakan bahan PVC sehingga mudah sekali untuk terkelupas. Leher kabel charger juga tidak dilengkapi dengan strain relief sehingga apabila kabel tertekuk akan gampang sekali patah. Apabila ponsel iPhone kamu tidak bisa dicas dan menemukan kerusakan pada kabel atau adapter, beli charger baru dengan MFI.

  1. Kerusaka Konektor atau Charger Port Lightning

Jika kabel atau adaptor charger iPhone kamu normal, bisa saja penyebab lain kenapa iPhone di charge tidak nambah adalah disebabkan port pengisian daya atau charger port kotor. Port charger yang kotor akibat debu bisa saja mengganggu proses pengisisan daya di iPhone kamu. Debu yang menumpuk menghalangi arus listrik pin konektor pad iPhone dan kabel USB.

Untuk memperbaiki masalah yang satu ini mudah saja. Kamu harus menyiapkan kaij yang sangat tipis dan halus serta besih. Kemudian, bersihkan setiap celah port lightning dengan hati-hati. Tiup dengan kencang menggunakan mulut atau blower kecil ke bagian port lightning yang kotor. Setelah itu, coba colokkan kabel ke charger dan cek apakah bisa dicas atau tidak.

  1. Tidak Memakai Charger Apple yang Original

Alasan berikutnya kenapa iPhone di charge tidak nambah adalah kamu menggunakan charger Apple yang tidak original dan memiliki sertifikat MFI atau made for iPhone. Banyak sekali charger ponsel iPhone di luaran sana dengan harga murah, tetapi sayangnya charger tersebut tidak original dan memiliki kualitas yang sangat buruk ketika digunakan untuk memgisi daya baterai.

Selain mubazir uang kamu, Apple juga memiliki chip yang dipasang secara khusus di kabel lightning yang memungkinkan ponsel akan mendeteksi apakah kamu menggunakan charger original atau tidak. Sehingga mantinya akan muncul pesan “This accessory may not be supported” atau “Aksesori ini tidak didukung” ketika kamu mengecas dengan kabel non-MFI nantinya.

  1. Ponsel iPhone Mengalami Glitch Software

Mungkin sebagian dari pemilik iPhone tidak mengerti bahwa alasan kenapa iPhone di charge tidak nambah adalah karena adanya glitch software yang terjadi di ponsel kamu. Hal ini biasanya terjadi di dalam software ponsel kamu jika semua hardware atau perangkat keras normal dan memakai perangkat MFI atau made for iPhone. Kamu harus memperhatikan hal ini dengan jeli.

Biasanya, di dalam iPhone ada controller atau chip on the board yang menjadi perangkat untuk melakukan pengecasan atau pengisian daya baterai kamu. Controller ini bekerja di bawah tanggung jawab perangkat lunak, jadi, apabila kabel iPhone kamu melakukan pengisian daya baterai, daya bisa saja tidak masuk dikarenakan controller yang tidak bisa bekerja penuh.

  1. Factory Reset

Apabila semua alasan kenapa iPhone di charge tidak nambah sudah dicoba, tetapi tetap tidak bisa digunakan, cara terakhir yang hanya bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan factory reset. Biasanya cara ini digunakan apabila memang sudah tidak ada kendala lain dan semuanya memang normal untuk mengembalikan pengaturan awal ketika ponsel kamu masih di pabrik.

Caranya, kamu harus menyimpan terlebih dahulu data-data yang ada di dalam ponsel kamu ke laptop atau ponsel lain karena nantinya factory reset akan menghapus semua data dan mengembalikan ponsel kenpengaturan pabrik. Melakukan factory reset ini berbeda-beda, tergantung dengan jenis dan model ponsel iPhone kamu dan tertera di kertas manual ponsel.

Sudah Paham Kenapa iPhone di Charge Tidak Nambah?

Jadi itu tadi alasan kenapa iPhone di charge tidak nambah dan menyebabkan ponsel kamu sulit mengisi daya. Jika memang sudah buntu, kamu bisa langsung pergi ke Apple Service Center, ya.