kelebihan dan kekurangan artificial intelligence

Saat ini perkembangan teknologi semakin berkembang dengan pesat. Salah satu buktinya adalah adanya artificial intelligence. Nah, sebenarnya apa itu artificial intelligence? Lalu, tahukah Anda apa kelebihan dan kekurangan artificial intelligence atau dampak negatif artificial intelligence?

Kelebihan Artificial Intelligence

Artificial intelligence (AI) atau bisa dikenal dengan kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang sengaja dimasukan ke dalam suatu sistem yang bisa pembuat sistem tersebut atur. Di mana AI berperan sebagai kognitif manusia. Dengan begitu, sebuah sistem yang terpasang AI akan memiliki kecerdasan seperti manusia atau bahkan lebih.

Biasanya, AI ini terpasang pada pemograman sistem komputer, aplikasi, hingga robot. Adanya AI ini membuat sebuah sistem memiliki kemampuan seperti analisis data, pengenalan suara, pemahaman pola, pengambilan keputusan, dan lainnya.

Dari penjelasan di atas, AI sangat membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah. Selain itu, ada kelebihan dan kekurangan artificial intelligence lainnya yang bisa Anda rasakan, seperti berikut ini:

1. Meminimalisir Kesalahan

Entah sadar atau tidak, setiap manusia, termasuk Anda pasti melakukan kesalahan saat Anda melakukan pekerjaan atau aktivitas. Tentu saja, hal tersebut membuat hasil pekerjaan kadang kala tidaklah maksimal.

Namun, saat Anda menggunakan AI, entah itu pada komputer atau sebuah mesin, pasti pekerjaan Anda akan selesai tanpa ada kesalahan. Pasalnya, AI atau kecerdasan buatan ini minim akan kesalahan atau bahkan hampir tidak memiliki kesalahan.

Contoh sederhananya saja, pada laptop khususnya aplikasi atau software microsoft word ada fitur yang bernama auto correct. Fitur yang satu ini sangat membantu Anda mengoreksi serta mereplace atau mengganti kata yang salah menjadi benar. Asalkan, Anda sudah mengaktifkan fitur yang satu ini.

2. Unlimited Time

Jika Anda membutuhkan waktu istirahat saat bekerja, maka tidak dengan artificial intelligence. Sebab, kecerdasan buatan ini bisa bekerja setiap saat tanpa ada hentinya.

Di sini, mesin atau software yang ada AI ini bisa Anda gunakan 24/7 tanpa jeda. Meskipun begitu, hasilnya pun tanpa cela. Untuk itu, produk yang Anda hasilkan pun bisa meningkat meski tanpa bantuan tenaga manusia.

3. Tanpa Risiko

Perlu Anda ketahui, saat ini, banyak industri yang menggunakan mesin yang di dalamnya terdapat kecerdasan buatan. Apalagi, bidang industri yang memiliki pekerjaan dengan risiko tinggi. Seperti pemanfaatan artificial intelligence di bidang militer.

Nah, kehadiran kecerdasan buatan yang tanpa risiko pada mesin akan menggantikan manusia untuk melakukan pekerjaan yang berisiko tinggi. Jadi, hal tersebut bisa meminimalisir kejadian buruk yang terjadi pada karyawan atau orang sekitar industri tersebut berada.

4. Menciptakan Keputusan dengan Lebih Cepat

Sekarang ini, kercedasan buatan ini dimanfaatkan dalam dunia bisnis. Pasalnya, kecerdasan buatan mampu membantu si pebisnis untuk mengambil keputusan yang objektif untuk bisnisnya.

Bukan hanya keputusan yang objektif saja, kecerdasan buatan juga mampu menciptakan keputusan yang cerdas. Bagaimana caranya?

Kecerdasan buatan ini adalah sebuah teknologi canggih yang seperti halnya otak manusia. Nah, kecerdasan buatan yang terpasang pada sistem komputer ini menciptakan kinerja serta daya komputasi yang baik.

Dengan demikian, kecerdasan buatan ini mampu melakukan proses data dengan jumlah besar. Selain itu, teknologi ini juga mampu melakukan koordinasi pengiriman data, melakukan analisis data dan tren terkini, memecahkan masalah, hingga mengukur sebuah ketidakpastian.

Dari kemampuan kecerdasan buatan ini tentu sangat menguntungkan pebisnis atau pemilik perusahaan. Alasannya tentu karena kecerdasan buatan bisa membantu pebisnis atau perusahaan untuk mengambil keputusan atas analisis yang telah dilakukan.

5. Mempermudah Kehidupan

Tanpa kita sadari, hidup kita sudah bergantung pada kecerdasan buatan atau AI loh. Namun, AI ini tentu memberikan efek yang positif, salah satunya bisa mempermudah kehidupan. Ingin tahu buktinya?

Pertama, saat Anda akan membuka smartphone yang harus dengan Face ID, Anda memerlukan AI agar smartphone  bisa Anda buka. Penggunaan AI pada Face ID ini yaitu mengenali wajah Anda sebagai pemilik smartphone. Kemudian, juga mengingat beberapa titik penting pada wajah Anda.

Selanjutnya, AI juga ada sat Anda sedang mencari informasi di mesin pencarian. Saat Anda sudah ketik keyword pada kolom pencarian, maka Anda akan diberikan berbagai website yang berisi informasi sesuai dengan keyword yang Anda ketik tadi.

Bukan hanya itu saja, aplikasi maps pada smartphone Anda juga menerapkan AI pada sistemnya loh. Untuk itu, mengapa saat Anda mencari alamat di aplikasi maps akan muncul tempatnya, beserta jalan yang harus Anda lalui.

Kemudahan menemukan lokasi tersebut karena AI pada aplikasi maps mampu menyimpan sekaligus mengingat visual bangunan serta jalannya. Bahkan, AI mampu mengidentifikasi pada perubahan lalu lintas, sehingga Anda tidak akan terkena macet.

Kekurangan Artificial Intelligence

Apapun yang ada di dunia ini tentu ada plus dan minusnya. Begitu pula dengan artifcial intelligence. Jika ada kelebihannya, maka ada juga kekurangan dari artificial intelligence.

Nah, berikut ini beberapa kekurangan artificial intelligence yang perlu Anda ketahui.

1. Membutuhkan Biaya Tinggi

Apabila Anda ingin membuat sistem komputer atau mesin dengan artificial intelligence atau kecerdasan buatan, Anda perlu mengeluarkan biaya yang sangat tinggi. Pasalnya, Anda harus menyediakan perangkat keras yang kuat serta spesifik, dan pasti harganya sangat mahal.

Selanjutnya, membuat mesin dengan kecerdasan buatan layaknya otak manusia haruslah teliti, dan membutuhkan sumber daya yang sudah berpengalaman. Belum lagi, proses pembuatannya yang memakan banyak waktu.

Lalu, nanti pastinya ada pengembangan mesin tersebut agar semakin canggih. Tak hanya itu saja, jika nantinya terjadi masalah, tentu harus ada pemeliharaan dan perbaikan. Pemeliharaan dan perbaikan sistemnya juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Dari penjelasan tersebut, sudah tahu bukan mengapa pembuatan mesin dengan kecerdasan buatan butuh biaya yang sangat tinggi?

2. Menambah Pengangguran

Sekarang ini, banyak perusahaaan yang lebih memilih menggunakan mesin dengan kecerdasan buatan. Sebab, kecerdasan buatan lebih bisa meningkatkan produktivitas.

Sayangnya, dengan kondisi seperti itu, tentu akan mengurangi tenaga kerja pada perusahaan tersebut. Imbasnya, tentu saja jumlah pengangguran akan semakin banyak.

3. Tidak Ada Kreativitas

Sebetulnya, tidak ada yang bisa mengandingi otak atau kecerdasan manusia. Di mana kecerdasan manusia ini bisa terus berkembang. Hal ini tentu saja karena manusia memiliki sisi kreativitas secara alamiah.

Sebaliknya, mesin artificial intelligence atau kecerdasan buatan ini tidak memiliki kreativitas. Apapun yang bisa mesin tersebut lakukan karena rencana atau perbuatan manusia yang membuatnya.

Hasilnya, jika nanti perlu adanya inovasi atau kreativitas tambahan dari mesinnya, tentu Anda sebagai pembuat harus mengatur sistemnya kembali suapaya sesuai dengan keinginan.

4. Tidak Memiliki Perasaan

Sebuah mesin dengan AI, seperti robot memang lebih efektif dan efisien dalam membantu pekerjaan. Akan tetapi, robot tersebut tidaklah memiliki emosi atau perasaan.

Hal tersebut tentu tidak akan bisa meningkatkan relasi atau hubungan dengan manusia atau sesama mesin. Dengan begitu, mesin dengan kecerdasan buatan ini tidak bisa diajak untuk diskusi dengan tim untuk memecahkan masalah.

Selain itu, jika mesin kecerdasan buatan dibuat untuk melayani pelanggan, mesin tidak akan memiliki etika. Hasilnya, pelayanannya pun tidak mengena di hati pelanggannya.

Nah, itulah informasi dari articlevoid seputar kelebihan dan kekurangan artificial intelligence. Semoga dengan adanya informasi di atas, bisa menjadi bahan pertimbangan apakah Anda akan menggunakan artifcial intelligence atau tidak.

Bagikan: