Jual NFT Gratis

Jual NFT Gratis kini bisa kita lakukan. NFT adalah topik hangat baru yang berhasil berubah oleh beberapa pembuat menjadi kekayaan nyata. Sementara banyak pembuat lainnya bahkan tidak mengetahui keberadaannya.

NFT adalah singkatan dari token yang tidak dapat tertukarkan, dengan kata sederhana berarti unik. Setelah sesuatu terdaftarkan sebagai NFT, ia mendapat stempel digital unik yang memungkinkan penautan antara pemilik dan juga aset digital yang tepat.

Apa yang Dapat Terdaftarkan sebagai NFT?

Apa pun dapat terdaftarkan sebagai NFT. Karya seni digital, file audio, baris teks, dll. Bahkan postingan blog ini secara teoritis dapat kita ubah menjadi NFT.

NFT juga dapat kita tautkan ke objek fisik seperti lukisan cat minyak, patung, atau bahkan properti real estat. Ilustrasi digital, fotografi digital, video, dan juga animasi sangat cocok dengan dunia NFT.

Apa Perangkat Lunak yang Baik untuk Membuat Seni NFT?

Anda tidak memerlukan perangkat lunak khusus untuk membuat NFT. Anda dapat membuat karya seni Anda melalui aplikasi pembuat nft, seperti yang Anda lakukan untuk klien atau portofolio Anda. Saya biasanya menggunakan Adobe Character Animator*, Adobe Illustrator*, dan Adobe After Effects*, jadi software tersebut adalah software yang saya gunakan untuk membuat NFT saya.

Bagaimana Mengubah Karya Seni menjadi NFT?

Agar aset digital menjadi NFT, aset itu harus ditandatangani dengan kontrak pintar di blockchain. Sebutan proses ini yaitu minting. Itu dapat terdaftarkan dengan kode atau dapat untuk secara otomatis saat mengunggah karya seni ke pasar khusus.

Ringkasan prosesnya yaitu dengan memiilih Tempat Pasar lalu Buat Dompet Crypto-Currency. Hubungkan Dompet Anda ke Tempat Pasar kemudian Unggah Karya Seni Anda ke Marketplace. Setelah itu Cantumkan NFT Anda untuk Dijual

Langkah 1: Pilih Pasar Anda dan Buat Akun

Ada banyak NFT marketplace yang tersedia adapun daftar NFT marketplace. Di antara yang populer adalah opensea, SuperRare, Solana, Foundation, Rarible dan masih banyak lainnya.

Setiap market berbeda antara satu sama lain. Bisa dari format file dan juga ukuran file, royalty yang kita peroleh hingga biaya dan factor lainnya.

Karena minat yang sangat besar, beberapa pasar akan membutuhkan undangan.

Cryptocurrency paling populer yang digunakan untuk membeli dan menjual NFT saat ini adalah ETH dan sebagian besar pasar mendukung mata uang ini.

Istilah yang penting untuk diketahui saat memulai di ruang crypto adalah “Biaya Gas”.

Langkah 2: Buat Dompet Digital

Untuk membuat akun di hampir semua pasar NFT, Anda harus memiliki dompet crypto yang akan menyimpan mata uang kripto yang akan Anda peroleh/belanjakan di pasar.

Pasar yang berbeda mendukung dompet digital yang berbeda. Metamask adalah salah satu dompet paling populer dan juga dompet default untuk Opensea serta sangat mudah diatur.

Pergi ke Metamask.io untuk mulai membuat akun dompet digital.

Langkah 3: Buat Akun di Opensea.io

Buka Opensea.io kemudian klik ikon profil di menu navigasi atas. Ketika menu dropdown akan terbuka, pilih opsi “Akun Saya”.

Opensea sekarang akan meminta Anda untuk menghubungkan dompet Metamask Anda sehingga perlu Klik Masuk.

Opensea sekarang akan membuat akun Tanpa Nama. Anda dapat membuka pengaturan Akun, mengubah nama pengguna, menambahkan info kontak, dan mengunggah gambar profil.

Langkah 4: Buat Koleksi

Di situs web Opensea, klik “Profil Saya” dan pilih “Koleksi Saya”. Lalu klik tombol “Buat Koleksi Saya”.

Tambahkan grafik: ikon koleksi, spanduk. Isi nama koleksi Anda dan tulis deskripsi (tidak boleh lebih dari 1000 karakter).

Pilih kategori yang merupakan sarang cemara untuk koleksi Anda. Tambahkan tautan: Anda dapat menambahkan tautan ke situs web Anda sendiri, saluran perselisihan, Twitter, Instagram, dan Telegram.

Tuliskan Royalti. Royalti adalah persentase yang ingin Anda terima untuk penjualan kembali karya Anda di masa mendatang. Persentase maksimal adalah 10%.

Pada bagian Blockchain, pilih “Polygon” (Ini adalah opsi bebas gas, Anda tidak perlu membayar biaya apa pun saat mengunggah atau mendaftarkan item untuk terjual di Polygon).

Token pembayaran default adalah Eth, Anda dapat menambahkan lebih banyak dari daftar.

Pilih tema tampilan Anda dan klik “Buat”.

Langkah 5: Buat NFT Anda

Buka koleksi Anda yang baru. (Jika belum terbuka, klik ikon akun Anda, pilih “Koleksi Saya” dan klik klik pada koleksi yang baru saja Anda buat)

Klik tombol “Tambah Item” di menu navigasi atas kemudian jendela item baru sekarang akan terbuka.

Anda dapat menyeret file seni Anda, bisa berupa gambar, video, audio atau model 3d. Ukuran file harus kurang dari 40mb.

Beri nama dan deskripsi karya seni Anda. Anda juga dapat menambahkan tautan untuk info lebih lanjut tentang item tersebut di sini.

Anda dapat menambahkan properti. Itu paling relevan untuk koleksi dengan banyak barang serupa yang berbeda satu sama lain oleh elemen tertentu.

Pada daftar persediaan jumlah salinan yang ingin Anda daftarkan dari item yang sama. Pastikan blockchain yang terpilih adalah Polygon dan klik buat.

Langkah 6: Buat Daftar NFT Anda untuk Dijual

Daftar karya seni untuk jual pertama kalinya adalah tempat di mana seseorang akan diminta untuk membayar biaya gas. Itu adalah Anda menggunakan blockchain Ethereum. Blockchain poligon tidak memerlukan biaya apa pun untuk menyelesaikan proses ini.

Buka NFT yang baru saja Anda buat. Klik tombol “Jual” di bagian atas. Sebuah pop window meminta Anda untuk mengatur harga akan muncul. Tetapkan harga untuk NFT Anda.

Sekarang Anda harus untuk membuka kunci mata uang. Anda hanya perlu membuka kunci mata uang satu kali untuk daftar pertama yang Anda buat. Klik buka kunci.

Apa itu Biaya Gas?

Biaya gas adalah biaya yang datang dengan hampir semua transaksi yang terjadi pada blockchain Ethereum dan seharusnya menutupi biaya energi komputer yang terbuang dalam proses ini.

Beberapa pasar akan meminta pencipta untuk membayar biaya gas untuk setiap transaksi: mendaftarkan barang untuk dijual, menjual barang, dan banyak lagi. Sementara yang lain mungkin hanya memerlukan biaya gas untuk memulai dan beberapa akan memungkinkan Anda untuk memulai dengan 0 cryptocurrency di dompet Anda.

Anehnya, Anda akan mengetahui bahwa biaya gas sebenarnya bisa sangat tinggi. Dalam banyak kasus, biaya bahan bakar yang harus Anda bayarkan untuk membuat atau membeli NFT lebih tinggi daripada harga sebenarnya dari karya seni itu sendiri. Itu karena meningkatnya popularitas dan volume tindakan yang tinggi di blockchain Ethereum.

Biaya gas bergantung pada jumlah transaksi di blockchain setiap saat. Mereka berubah secara drastis selama periode dan waktu yang berbeda dalam sehari. Gasnow.org memungkinkan Anda untuk memeriksa berapa harga gas saat ini dan juga menampilkan peta panas untuk periode biaya gas yang lebih tinggi dan lebih rendah.

Market Mana yang Bisa Jual NFT Tanpa Gas Fee?

Anda dapat mendaftarkan NFT untuk jual NFT gratis  tanpa membayar biaya apa pun. Bahkan jika Anda memiliki 0 eth di dompet Anda.

Jika Anda menggunakan Mintable Marketplace atau Menggunakan Jaringan Polygon maka jual NFT gratis di Opensea. Pada saat Article Void menulis artkel ini, Opensea adalah pasar terbesar untuk jual NFT gratis di opensea  dan terpopuler untuk karya seni NFT.

Bagikan:

Tags: