daftar saham bluechip

Siapa yang tidak mengenal saham bluechip? Tentunya sebagian besar masyarakat di tanah air sudah mengenal tentang saham ini. Bahkan daftar saham bluechip juga sudah banyak dan terkenal sehingga orang-orang tidak perlu ragu lagi untuk berinvestasi terutama bagi para pemula.

Di tengah maraknya investasi bodong, Anda tidak perlu khawatir untuk tetap berinvestasi karena masih banyak perusahaan yang terpercaya. Salah satunya bluechip yang sudah terbukti terpercaya dan berpengalaman di bidangnya sejak lama.

Pengertian Saham Bluechip

Apa itu saham bluechip? Tidak jarang masih banyak orang yang penasaran mengenai saham yang sudah berdiri sejak lama. Sebenarnya saham bluechip merupakan saham-saham dari perusahaan besar yang sudah berdiri sejak lama dan terkenal di tengah masyarakat.

Dan hal yang membuat bluechip sangat terkenal di masyarakat adalah sejarah dari kinerja keuangannya yang sehat. Bahkan saham satu ini memiliki kemampuan untuk bertahan meskipun kondisi pasar sedang sulit atau krisis.

Pada tahun 1923, Amerika Serikat lebih dulu menggunakan istilah bluechip pada saham dan Oliver Gingold yang mengawasi pergerakan saham. Dan akhirnya perusahaan investasi di Indonesia juga menggunakan istilah sama hingga memiliki banyak daftar saham bluechip.

Perlu Anda ketahui, blue chip merupakan istilah yang mengacu pada Penggunaan chip dalam permainan poker. Chip sendiri terdiri dari warna biru yang memiliki nilai tukar tinggi, dan chip berwarna merah serta putih yang memiliki nilai tukar di bawah nilai chip biru.

Mengapa bernama saham bluechip? Mengacu pada pengertian istilah chip biru, saham dari perusahaan besar tidak hanya bernilai tinggi. Saham bluechip juga memiliki kualitas baik dari berbagai perusahaan besar dan mapan serta sudah teruji memiliki ketahanan yang kuat.

5 Kriteria dari Saham Bluechip

Mungkin ada banyak perusahaan yang menawarkan bisnis investasi berupa saham, namun tidak memiliki kualitas baik dan bisa Anda percaya. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui kriteria atau ciri-ciri dari saham bluechip dan cara bermain saham agar tidak salah memilih.

1. Berpengalaman di Bursa Efek

Sebelum mengenal daftar saham bluechip, ada baiknya untuk mengetahui kriteria atau ciri-ciri dari jenis saham satu ini. Pasalnya, Anda tidak boleh sembarangan dalam berinvestasi termasuk investasi saham agar mendapatkan keuntungan secara real.

Mungkin tidak banyak yang menyangka bahwa saham bluechip sudah hadir sejak lama sehingga sudah berpengalaman di bidangnya. Pasalnya, bluechip sudah melantai di bursa sejak lama dan terpercaya dalam memberikan layanan berinvestasi saham yang menguntungkan.

2. Kapitalisasi Besar

Kriteria saham bluechip tidak hanya bisa Anda lihat dari lamanya melantai di bursa efek saja karena masih banyak perusahaan lain yang sama. Namun, ada kriteria atau ciri-ciri lain yang perlu Anda ketahui untuk mengenali saham bluechip ini dan membedakannya dengan jenis saham lain.

Berbeda dengan jenis saham yang lainnya, saham bluechip memiliki kapitalisasi yang besar ketimbang saham dari perusahaan pesang. Salah satunya dengan memiliki proporsi kepemilikan yang tinggi oeh publik sehingga lebih mudah Anda kenali.

3. Ramai di Perdagangkan

Bukti bluechip memiliki kapitalisasi besar adalah dengan daftar saham bluechip yang banyak tentu bisa membuat semua orang tertarik. Dengan begitu, tidak lantas investasi membuat orang ragu dan khawatir karena masih banyak perusahaan terpercaya.

Caranya dengan memilih perusahaan investasi perpengalaman dan terpercaya seperti saham bluechip yang memiliki ciri atau kriteria tertentu. Anda bisa melihat dari ramainya saham bluechip ini yang diperdagangkan di bursa efek karena banyak masyarakat yang meminati jenis saham satu ini.

4. Market Leader di Bidangnya

Apa saja ciri-ciri saham bluechip? Tentunya Anda pasti penasaran jika tertarik untuk berinvestasi saham agar menguntungkan. Menemukan saham jenis bluechip bukanlah hal yang sulit jika sudah mengenal kriterianya terutama saat memilih untuk berinvestasi.

Pasalnya, saham bluechip memiliki market leader atau pemimpin pasar di bidangnya sehingga Anda tidak perlu ragu lagi. Hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk berinvestasi saham agar tidak tertipu iming-iming yang menggiurkan.

5. Memiliki Kinerja yang Stabil

Meskipun sudah banyak daftar saham bluechip, namun banyak kelebihan yang bisa Anda lihat dan dapatkan saat menggunakannya. Pasalnya, jika Anda menggunakan selain saham bluechip belum tentu terpercaya dan benar-benar memberikan keuntungan unutk investasi jangka panjang.

Lantas, bagaimana cara mengenali kriteria saham bluechip? Tentunya mudah, saham bluechip memiliki kinerja yang stabil. Baik saat kondisi pasar sedang baik maupun sedang sulit atau krisis, kinerja saham ini tidak akan terpengaruh sama sekali.

4 Keuntungan Investasi di Saham Bluechip

Selain mengenal kriteria dari saham bluechip ataupun prospek saham bapb, pastinya Anda juga penasaran terkait keuntungan dengan menggunakan saham jenis ini untuk berinvestasi. Apa keuntungan saham bluechip? Keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan berinvestasi saham bluechip sebagai beikut?

· Harga Stabil

Mungkin hal yang Anda ragukan ketika berinvestasi adalah harga saham yang sering kali naik atau turun dengan cepat. Namun tenang saja, saham bluechip tergolong stabil sehingga tidak akan mudah naik atau turun seperti jenis saham lainnya.

Anda bisa melihat dari daftar saham bluechip yang sudah ada dan mengenal satu per satu agar lebih tepat saat memilihnya. Ada banyak keuntungan yang pastinya bisa Anda peroleh dengan berinvestasi menggunakan saham bluechip ini.

· Pembagian Dividen secara Konsisten

Mungkin Anda sudah mengetahui harga saham di pasaran kerap mengalami naik turun di luar prediksi hingga mengakibatkan kerugian. Karena alasan tersebut pula yang membuat orang-orang akhirnya memilih untuk menggunakan saham bluechip.

Tidak hanya itu saja, pembagian dividen saham bluechip secara konsisten sesuai kesepakatan bersama antara investor dan perusahan. Misal perjanjian selama 10 tahun, maka selama sepuluh tahun tersebut Anda akan mendapatkan dividen dari saham secara konsisten.

· Risiko Likuiditas Rendah

Banyak keuntungan yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan saham bluechip ini ketika berinvestasi. Biasanya orang-orang akan ragu atau takut untuk berinvestasi karena rawan mengalami kerugian baik besar hingga kerugian besar.

Namun Anda tidak perlu khawatir, keuntungan lain dari saham bluechip ini memiliki risiko likuiditas yang rendah ketimbang saham lainnya. terlibat dengan semakin banyaknya daftar saham bluechip yang semakin berkembang karena memiliki risiko kolaps yang rendah.

· Fundamental Baik

Baik investasi jangka panjang maupun pendek tentu tidak bisa sembarangan dalam memilih perusahaan. Tidak hanya tergiur dengan keuntungan yang perusahaan tawarkan saja, Anda juga harus melihat dari fundamental perusahaan tersebut.

Keuntungan menggunakan saham bluechip yang terakhir adalah perusahan memiliki fundamental yang baik. Saham satu ini tergolong memiliki etos kerja yang baik karena melibatkan orang-orang profesional untuk mengelolanya.

5 daftar Saham Bluechip

Setelah mengenal tentang saham bluechip, kriteria, hingga keuntungannya, mungkin Anda akan lebih tertarik dengan daftar saham bluechip. Sebenarnya ada 45 nama saham bluechip dan 5 diantaranya adalah:

  1. BBCA (Bank Central Asia)
  2. BBRI (Bank Rakyat Indonesia)
  3. BBNI (Bank Negara Indonesia)
  4. ASII (Astra Internasional)
  5. GGRM (Gudang Garam)

Sekian ulasan dari Article Void tentang pengertian saham bluechip yang hadir di tanah air sejak lama hingga kriterianya yang perlu orang-orang ketahui. Bahkan Anda juga bisa mengetahui keuntungan serta daftar saham bluechip yang beredar di bursa efek Indonesia.

Bagikan: