daftar NFT marketplace

Popularitas NFT akhir-akhir ini selalu mengalami peningkatan, sehingga banyak orang yang mencari daftar NFT marketplace terbaik yang banyak digunakan.

Meskipun popularitasnya mengalami peningkatan, hingga saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui secara pasti apa itu nft.

Mungkin Anda termasuk salah satunya, maka dari itu Anda perlu menyimak penjelasan tentang nft dan desain NFT serta daftarnya berikut ini.

Apa itu NFT Marketplace?

Sebelum lanjut ke penjelasan lebih dalam tentang daftar NFT marketplace, ada baiknya jika Anda mengenal dan mengetahui NFT terlebih dahulu.

NFT atau Non-Fungible Token merupakan sebuah platform yang menampilkan dan memperjualbelikan aset kripto NFT.

Sedangkan NFT marketplace sendiri tidak jauh berbeda dengan platform marketplace lain seperti Bukalapak, Amazon, Shopee, Tokopedia, eBay dan lain sebagainya.

Artinya siapa saja bebas menyimpan atau membeli barang yang dia suka dalam platform tersebut. Namun, perlu Anda Ketahui bahwa yang Anda beli adalah berupa sertifikat digital dari barang tersebut.

Sehingga, untuk aset seperti misalnya gambar memang bisa orang lain copy dan ditampilan. Tetapi secara kepemilikan, aset virtual tersebut adalah milik orang yang membeli dan memiliki sertifikat digital.

NFT marketplace sudah menjadi fasilitas bagi para kolektor digital yang melakukan jual beli. Dan menjadi sebuah cara membuat NFT untuk mempresentasikan kepemilikan atas item unik atau aset.

Beberapa orang mungkin mulai mengenal NFT dari viralnya Ghozali NFT yang menjadi miliuner karena menjual foto selfinya. Padahal, NFT mulai populer sejak terjadinya DeFi Summer pada tahun 2020.

Daftar NFT Marketplace Terbaik dan Terpopuler

Dari tahun ke tahun selalu terjadi lonjakan luar biasa terhadap minat akan NFT. Hal ini tentunya tidak terlepas dari keberadaan marketplace atau tempat untuk jual beli NFT dan aplikasi pembuat NFT.

Berikut ini terdapat beberapa daftar NFT marketplace terbaik dan terpopuler yang banyak orang gunakan.

1. OpenSea

Jaringan Blockchain Ethereum meluncurkan situs NFT pertama yang bernama OpenSea. Situs ini juga masuk ke dalam daftar NFT marketplace terbesar berdasarkan volume perdagangan dan jumlah aset.

Hingga saat ini perkiraan jumlah aset OpenSea mencapai hampir 4 juta. Dan situs ini telah mendukung NFT dengan standar token ERC-721 dan ERC-1115.

Ada banyak kategori NFT yang ada dalam platform marketplace OpenSea. Antara lain mencakup karya seni, foto, musik, video, koleksi digital, kartu olahraga, aset dalam game, nama domain dan lain sebagainya.

Melalui OpenSea, para kreator dapat meraih keuntungan dari penjualan NFT karyanya. Sehingga semakin populer karya yang Anda buat, maka semakin besar pula keuntungan yang Anda dapat.

OpenSea juga memungkinkan Anda untuk dapat melakukan transaksi uni melalui smart contract. Ini tentunya semakin memberikan kemudahan bagi para kreator yang ingin menghasilkan keuntungan dari karyanya.

2. Rarible

Daftar NFT marketplace yang tidak kalah populer adalah rarible, dan platform ini juga tidak jauh berbeda dari OpenSea. Hal ini karena Anda bisa menemukan berbagai jenis NFT dalam platform marketplace rarible.

NFT tersebut antara lain seperti ilustrasi, musik, video, lukisan, kartu koleksi yang berbagi aset lainnya. Semua ini tentunya dapat Anda buat, jual maupun beli dalam platform rarible berbentuk NFT.

Meskipun nyaris sama dengan platform OpenSea, masih terdapat perbedaan dalam rarible. Salah satu perbedaan tersebut adalah Anda harus melakukan transaksi dengan kode RARI yang dibangun diatas blockchain ethereum.

Rarible sendiri menyediakan banyak opsi pembayaran mulai dari Coinbase Wallet, MetaMask dan lainnya. Pada transaksi, rarible mematok biaya sebesar 2,5% untuk penjual dan 2,5% untuk pembeli dari harga NFT tersebut.

Sehingga rarible akan menerima biaya transaksi sebesar 5% , yang mana biayanya jauh lebih besar daripada platform OpenSea. Namun, biaya ini masih relatif mudah dari biaya rata-rata NFT marketplace lain.

3. Mintable

Selanjutnya ada daftar NFT marketplace mintable yang banyak orang gunakan. Hal ini karena platform mintable termasuk salah satu tempat untuk jual beli NFT tanpa adanya biaya gas (gasless).

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan dalam platform mintable seperti minting meme, aset video dan audio menjadi NFT. Untuk bisa mendaftar dalam platform ini, para pengguna membutuhkan dompet Metamask.

Anda juga akan memperoleh imbalan dalam bentuk token MINT setiap kali melakukan pembelian NFT. Sama seperti NFT marketplace lain, platform mintable juga akan memotong sejumlah biaya dari NFT yang telah terjual.

Pihak mintable akan memotong biaya sebanyak 2,5% untuk NFT biasa, 10% untuk NFT yang bisa pengguna cetak dan 5% NFT tanpa gas. Namun, Anda juga akan mendapatkan tawaran royalti setiap kali NFT terjual kembali.

4. Foundation

Foundation juga termasuk salah satu dari 5 daftar NFT marketplace yang tergolong eksklusif. Karena foundation merupakan tempat jual beli NFT hanya untuk seniman terpilih saja.

Platform foundation menerima segala seniman baik yang sudah populer atau yang masih belum banyak orang kenal. Foundation sendiri memiliki visi yaitu mempromosikan seni dengan cara menghubungkan kreator dan kolektor.

Apabila Anda ingin menjual NFT dalam platform foundation, Anda harus mengisi formulir pendaftaran serta menunjukkan portofolio seni. Selanjutnya, pihak foundation akan melakukan peninjauan terhadap profil Anda.

Jika pengajuan pendaftaran berhasil, Anda akan mendapatkan undangan dari pihak foundation. Namun jika hanya ingin menjadi kolektor, Anda hanya perlu memiliki MetaMask atau dompet Wallet Connect saja.

Perlu Anda ketahui bahwa platform foundation tidak menerapkan biaya pada pembelinya, namun menerapkan potongan sebanyak 15% dari seluruh penjualan.

Sedangkan untuk biaya gas, pada platform ini cenderung tidak tetap. Sehingga dapat berubah-ubah tergantung dengan traffic pada jaringan.

5. Nifty Gateway

Nifty Gateway merupakan salah satu daftar NFT marketplace yang terkenal paling mahal dan eksklusif. Platform Nifty Gateway ini mendapat support dari crypto exchange Gemini.

Crypto exchange Gemini sendiri merupakan crypto exchange yang telah teregulasi pada negara AS. Nifty Gateway berfungsi sebagai kurator seni yang hanya menampilkan karya seni berkualitas dengan rilis waktu terbatas.

Platform ini juga menjual kurasi seni milik Pak bernama The Merge dengan banderol harga USD 91,8 juta. Nifty Gateway akan memberi tahu pengguna melalui penghitung waktu terkait jadwal rilis NFT drop.

Perlu Anda ketahui bahwa platform Nifty Gateway telah memfasilitasi penjualan beberapa seniman populer. Seperti seniman The Weeknd, Musisi Eminem, Grimes dan Beeple.

Namun dalam segi cara pemakaian, Nifty Gateway cenderung lebih rumit. Hal ini karena dari awal Anda harus mendaftar dua akun yaitu akun Nifty dan akun Gemini Exchange.

Meskipun begitu, masih ada sisi baiknya yaitu Anda dapat memilih dua opsi pembayaran aset. Bahkan Anda bisa melakukan transaksi dengan menggunakan mata uang seperti dolar.

Itulah penjelasan lengkap dari articlevoid  terkait daftar NFT marketplace yang populer dan banyak orang gunakan. Anda bisa memilih platform yang memang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda dalam melakukan jual beli NFT.

Bagikan: