Contoh penerapan artificial intelligence

Contoh penerapan artificial intelligence sebenarnya sudah banyak beredar di sekitar kita. Sadar maupun tidak sadar, kita pun telah menggunakannya dalam kehidupan keseharian.

Artificial intelligence sendiri ialah sebuah simulasi proses kecerdasan yang mirip dengan manusia oleh mesin, terutama dilakukan oleh sistem komputer.

Keuntungan dan Kekurangan dalam Penggunaan Artificial Intelligence?

Data bervolume besar sering kali membuat para peneliti kesulitan. Maka aplikasi dari artificial intelligence yang menggunakan pembelajaran mesin mampu mengambil data tersebut. Kemudian dengan cepat mengubahnya menjadi informasi yang dapat kita tindaklanjuti.

Tentu penggunaan dari suatu hal akan memiliki keuntungan dan juga kekurangannya.

Keuntungan

  1. Bagus dalam aplikasi pekerjaan yang berorientasi pada hal detail
  2. Mengurangi waktu untuk tugas-tugas berat di bagian data
  3. Memberikan hasil yang konsisten
  4. Selalu tersedianya agen virtual yang bertenaga artificial intelligence

Kekurangan

  1. Mahal
  2. Membutuhkan keahlian teknis yang mendalam
  3. keterbatasan pasokan pekerja yang sesuai dengan syarat untuk membuat alat Artifial intelligence
  4. Hanya tahu apa yang sudah kita tampilkan
  5. Kurangnya kemampuan dalam menggeneralisasi dari satu tugas ke tugas lainnya

Mengapa Artificial Intelligence itu Penting?

Sebelum membahas lebih mendalam mengenai penerapan kecerdasan buatan di berbagai bidang seperti artificial intelligence di bidang militer, kita bahas terlebih dahulu mengenai pentingnya artificial intelligence.

Pentingnya AI dalam perusahaan karena dapat memberi wawasan tentang operasi yang mungkin sebelumnya tidak mereka sadari. Pada beberapa kasus penerapan AI dapat melakukan tugas lebih baik dari manusia.

Khususnya untuk tugas yang berulang dan berorientasi pada detail seperti menganalisis dokumen hukum dalam jumlah besar untuk memastikan bidang yang relevan diisi dengan benar. Sering kali alat AI menyelesaikan pekerjaan secara cepat dan dengan relatif sedikitnya kesalahan.

Hal ini membantu memicu ledakan efisiensi dan terbuka pintu bagi peluang bisnis yang sangat baru bagi beberapa perusahaan besar.

Sebelum gelombang AI saat ini, sulit membayangkan menggunakan perangkat lunak komputer untuk menghubungkan pengendara ke taksi. Namun saat ini Uber telah menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia yang melakukan hal itu.

Menggunakan algoritme pembelajaran mesin yang canggih untuk memprediksi kapan orang cenderung membutuhkan tumpangan di area tertentu. Secara proaktif membantu mengarahkan pengemudi ke jalan sebelum kita butuhkan.

Sebagai contoh penerapan artificial intelligence lainnya, Google telah menjadi salah satu pemain terbesar untuk berbagai layanan online. Menggunakan pembelajaran mesin untuk memahami cara orang menggunakan layanan mereka dan kemudian menyempurnakannya.

CEO perusahaan pada 2017, Sundar Pichai, mengumumkan bahwa Google akan beroperasi menjadi perusahaan “pertama yang menerapkan Artificial Intelligence”.

Apa Saja Contoh Penerapan Artificial Intelligence?

Kecerdasan buatan telah memasuki berbagai pasar. Berikut sembilan contoh penerapan artificial intelligence yang telah Article Void rangkum.

1. Dalam Perawatan Kesehatan

Contoh artificial intelligence dalam bidang kesehatan untuk membuat diagnosis yang lebih baik dan lebih cepat daripada manusia. Peningkatkan hasil pasien dan juga pengurangan biaya menjadi taruhan terbesarnya.

IBM Watson merupakan salah satu teknologi perawatan kesehatan yang paling terkenal. Ia memahami bahasa alami dan dapat menanggapi pertanyaan yang diajukan tentangnya.

Untuk membentuk hipotesis, system mengumpulkan data pasien dan sumber data lainnya yang tersedia. Kemudian disajikan dengan skema penilaian kepercayaan.

Bentuk penerapan AI lainnya yaitu penggunaan asisten kesehatan virtual online. Penggunaan chatbot guna membantu pasien dan juga layanan kesehatan menemukan informasi medis, memahami proses penagihan, menjadwalkan janji temu, dan penyelesaian proses administrasi lainnya.

Serangkaian teknologi AI juga digunakan untuk memprediksi, melawan, dan memahami pandemi seperti COVID-19 yaitu artificial intelligence lab.

2. Dalam Bisnis

Algoritme pembelajaran mesin sedang diintegrasikan ke dalam manajemen hubungan pelanggan (CRM) dan platform analitik. Hal ini guna mengungkap informasi mengenai cara melayani pelanggan secara lebih baik.

Chatbots telah kita masukkan ke dalam situs web untuk memberikan layanan langsung kepada pelanggan. Kalangan akademisi dan juga analis TI mulai membicarakan mengenai otomasi posisi pekerjaan.

3. Pendidikan

Contoh penerapan artificial intelligence di bidang pendidikan dapat mengotomatiskan penilaian, memberikan lebih banyak waktu kepada pengajar. Dapat menilai siswa dan beradaptasi dengan kebutuhan, serta membantu mempermudah bekerja dengan kecepatan mereka sendiri.

Tutor AI mampu memberikan dukungan tambahan terhadap siswa. AI mampu mengubah tempat dan bagaimana siswa belajar, bahkan memungkinkan menggantikan tenaga pengajar.

4. Bidang Keuangan

Penggunaan AI dalam aplikasi keuangan sering sebagai asisten keuangan pribadi, sebagaimana Intuit Mint atau TurboTax. Aplikasi AI ini mengumpulkan data pribadi kemudian memberikan nasihat keuangan.

Perangkat lunak kecerdasan buatan saat ini di Wall Street melakukan sebagian besar perdagangan.

5. Hukum

Proses penemuan kemudian memilah-milah dokumen di dalam hukum seringkali membuat manusia kewalahan. Untuk membantu mengotomatiskan proses padat karya, industri hukum menggunakan AI agar menghemat waktu dan meningkatkan layanan klien.

Firma hukum menerapkan pembelajaran mesin guna menggambarkan data dan memprediksikan hasilnya. Komputer akan mengklasifikasikan dan mengekstrak informasi dari dokumen serta pemrosesan bahasa alami guna menginterpretasikan permintaan informasi.

6. Bidang Manufaktur

Contoh artificial intelligence dalam perusahaan telah menjadi yang terdepan dalam menggabungkan robot ke dalam alur kerja. Misalnya, robot industri pada suatu waktu terprogram untuk melakukan tugas tunggal dan terpisah dari pekerja manusia.

Semakin berfungsi sebagai cobot, yaitu robot yang lebih kecil dan melakukan banyak tugas yang berkolaborasi dengan manusia. Bisa juga mengambil tanggung jawab untuk lebih banyak bagian pekerjaan di gudang, lantai pabrik dan ruang kerja lainnya.

7. Perbankan

Contoh penerapan artificial intelligence pada bank dengan berhasil menggunakan chatbots untuk membuat pelanggan mereka mengetahui layanan dan penawaran. Selain itu untuk menangani transaksi yang tidak memerlukan campur tangan manusia.

Asisten virtual AI mereka gunakan untuk meningkatkan dan memotong biaya kepatuhan terhadap peraturan perbankan. Guna meningkatkan pengambilan keputusan dalam pinjaman maupun penetapan batas kredit dan mengidentifikasi peluang investasi, organisasi perbankan menggunakan AI.

8. Transportasi

Selain peran mendasar AI dalam mengoperasikan kendaraan otonom, teknologi ini bergunakan dalam transportasi. Berperan dalam mengatur lalu lintas, memprediksi penundaan penerbangan, dan membuat pelayaran laut lebih aman dan efisien.

9. Keamanan

Artificial Intelligence berada di puncak daftar kata kunci yang vendor keamanan gunakan saat ini untuk membedakan penawaran mereka.

Penggunaan mesin pembelajaran dalam organisasi ada dalam perangkat lunak di bidang manajemen informasi dan peristiwa keamanan (SIEM). Selain itu pada area terkait untuk mendeteksi anomali dan mengidentifikasi aktivitas mencurigakan yang mengindikasikan ancaman.

Dengan menganalisis data dan menggunakan logika untuk mengidentifikasi kesamaan dengan kode berbahaya yang mereka ketahui.

AI bisa memberikan peringatan terhadap sebuah serangan baru yang bersifat berbahaya dan peringatan itu muncul jauh lebih cepat daripada karyawan manusia.

Teknologi yang semakin matang memainkan peran besar dalam contoh penerapan artificial intelligence untuk membantu organisasi melawan serangan dunia maya.

Bagikan: