Cara Kerja Artificial Intelligence

Mengenal definisi artificial intelligence sebenarnya sangat luar karena banyak ahli yang mengungkapkan pendapatnya sendiri. Selain definisi dari teknologi satu ini, cara kerja artificial intelligence juga tidak kalah membuat orang-orang penasaran.

Teknologi artificial intelligence atau AI sudah banyak penerapannya dalam kehidupan sehari-hari maupun artificial intelligence di bidang militer. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenal tentang teknologi AI, cara kerja, hingga teknologi pendukung lainnya yang berkaitan.

Jenis-Jenis Kecerdasan Buatan

Apa itu artificial intelligence? Artificial intelligence merupakan kecerdasan buatan yang manusia rancang dan kembangkan. Adapun kecerdasan buatan sendiri terbagi menjadi tiga jenis sebagai berikut:

·  ANI

Kecerdasan buatan sebenarnya memiliki pengertian yang sangat luas, namun manusia yang membuat dan mengembangkannya. Tidak heran jika kinerja kecerdasan buatan ini sama seperti kecerdasan manusia pada umumnya.

Sebelum mengenal cara kerja artificial intelligence, ada baiknya untuk mengetahui jenis dari teknologi AI. Jenis yang pertama ada ANI atau Artificial Narrow Intelligence yang paling umum para ahli gunakan dalam penerapan teknologi AI.

·  AGI

Selain ANI, adapula jenis teknologi AI lainnya seperti AGI atau kecerdasan umum buatan yang masih berupa konsep saja. Jenis AGI ini setara dengan sistem kerja manusia dengan level kognitif yang mencakup pemrosesan data dan gambar, serta pengambilan keputusan.

Menciptakan AGI tergolong sulit mengingat teknologi dan inovasi yang ada saat ini karena membutuhkan banyak ANI. Setidaknya harus ada ribuan Ani yang saling terintegrasi dan beriringan untuk menciptakan sistem AGI ini.

·  ASI

Apa saja jenis artificial intelligence? Jenis dari kecerdasan buatan ada tiga, yaitu ANI, AGI, dan juga ASI. Setelah membahas ANI dan AGI, selanjutnya membahas tentang jenis kecerdasan super buatan atau ASI.

Sebelumnya ada AGI yang memiliki sistem kerja setara dengan manusia, ASI ini memiliki sistem yang lebih tinggi. Pasalnya, teknologi AI jenis ASI ini mampu mengambil keputusan, berpikir rasional, hingga menciptakan penemuan baru.

Cara Kerja Artificial Intelligence

Bagaimana cara kerja artificial intelligence? Mengenal teknologi tidak akan cukup jika hanya mengenal jenis-jenisnya saja. Sebagai kecerdasan buatan, teknologi AI tentu memiliki cara kerja tersendiri sama seperti teknologi canggih lainnya.

1. Jaringan Neural

Mungkin Anda sudah tahu bahwa setiap teknologi memiliki cara kerjanya masing-masing yang tentunya berbeda. Termasuk teknologi artificial intelligence juga memiliki cara kerja berbeda untuk berbagai bidang kehidupan manusia.

Cara kerja yang pertama adalah jaringan neuron, bagaimana cara kerja jaringan neural? Sebenarnya jaringan ini sama seperti neuron. Pembelajaran mesin satu ini terdiri dari beberapa unit yang saling terhubung untuk memroses, menanggapi, dan menyampaikan info.

2. Visi Komputer

Selain jaringan neural, terdapat cara kerja lain dari teknologi AI yang bisa Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya visi komputer, komputer dapat menangkap dan menganalisa informasi visual melalui kamera.

Cara kerja artificial intelligence satu ini mengandalkan pada pola serta pembelajaran secara mendalam untuk mengenali foto atau video. Mesin dapat menangkap foto atau video secara real time hingga menafsirkan sekitarnya jika sudah bekerja.

3. Komputer Kognitif

Perlu Anda ketahui, cara kerja teknologi AI sebenarnya beragam sehingga perlu mengenal satu per satu agar lebih paham. Sebelumnya ada jaringan neural hingga visi komputer, selanjutnya adapula cara kerja komputer kognitif.

Seperti manusia, sub bidang teknologi AI ini berupaya melakukan interaksi dengan mesin secara alami. Tujuan utama memasangkan AI dengan komputer kognitif agar mesin dapat mensimulasi proses kemampuan manusia dalam menafsirkan gambar dan kata atau ujaran.

4. Pemrosesan Bahasa Alamiah

Pemrosesan bahasa alamiah atau Natural Language Processing (NLP) termasuk ke dalam salah satu cara kerja AI. Bahkan cara kerja satu ini sering kali orang temukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari.

Cara kerja artificial intelligence pemrosesan bahasa alamiah ini mencakup kemampuan menganalisis, memahami, dan menghasilkan. Komputer akan menganalisis, memahami hingga menghasilkan bahasa manusia termasuk ujaran.

5. Pemrosesan Mesin

Kehadiran teknologi artificial intelligence menjadi salah satu bukti perkembangan yang sangat pesat saat ini. Dengan hadirnya teknologi canggih satu ini tentu berbagai hal atau masalah manusia dapat terselesaikan lebih cepat dan tepat.

Apa teknologi AI bisa berpikir sendiri? Tentu bisa, karena mesin berteknologi AI merupakan rancangan manusia melalui pemrograman. Seperti pemrosesan mesin yang mengautomasi pembangunan berbasis analitik untuk menemukan wawasan tersembunyi.

6. Pembelajaran Mendalam

Dari teknologi AI terdapat cara kerja lain, yaitu pembelajaran mendalam yang penerapannya sudah banyak dalam kehidupan manusia. Cara kerja satu ini menggunakan jaringan neural yang tergolong besar serta  lapisan unit pemrosesan yang banyak.

Cara kerja artificial intelligence satu ini juga memanfaatkan kemajuan dari daya komputasi serta meningkatkan teknik pola. Umumnya, cara kerja pembelajaran mendalam ini penerapannya mencakup pengenalan gambar serta ujaran.

Teknologi Pendukung Artificial Intelligence

Mungkin masih banyak orang yang bingung atau bahkan tidak mengenal teknologi AI atau artificial intelligence. Padahal penerapan teknologi AI sudah ada di kehidupan manusia dan ada beberapa teknologi yang mendukung AI sebagai berikut:

·  API

API atau Antarmuka Pemrosesan Aplikasi termasuk salah satu teknologi pendukung AI yang berupa paket kode portabel. Antarmuka pemrosesan aplikasi ini memungkinkan penambahan teknologi AI pada produk atau perangkat lunak yang sudah tersedia.

Dengan mengombinasikan teknologi AI dengan antarmuka pemrosesan aplikasi akan ada manfaat yang bisa Anda peroleh. Contohnya dengan menambahkan teknologi AI ke sistem keamanan rumah sehingga bisa menangkap sekaligus menganalisis gambar.

· Unit Pemrosesan Grafis

Contoh teknologi lain yang mendukung penggunaan cara kerja artificial intelligence adalah unit pemrosesan grafis. Bahkan unit pemrosesan grafis merupakan kunci bagi AI yang menyediakan perhitungan berat.

Tentu Anda akan membutuhkan perhitungan berat untuk melakukan pemrosesan berulang suatu pekerjaan maupun analisis artificial intelligence. Pasalnya, Anda membutuhkan banyak data dan juga daya komputasi yang besar guna melatih jaringan neural nantinya.

· Algoritme Lanjutan

Jika ingin mengenal tentang teknologi AI banyak pernyataan yang dapat mendefinisikan teknologi canggih satu ini. Meskipun sudah hadir dalam kehidupan manusia, teknologi artificial intelligence terus mengalami perkembangan demi memberi kemudahan.

Apa saja konsep artificial intelligence? Penerapan konsep teknologi AI sebenarnya sudah cukup luas dan banyak. Salah satunya algoritme lanjutan yang berguna untuk menganalisis lebih banyak data dengan cepat dan melalui beberapa tingkatan.

· Internet of Things

Banyak kemajuan teknologi yang sudah Anda temukan dan gunakan setiap hari sehingga memudahkan berbagai pekerjaan. Salah satunya menggunakan teknologi yang menggunakan cara kerja artificial intelligence.

Seperti penggunaan internet of things yang dapat menghasilkan data dalam jumlah yang sangat besar dengan mudah serta cepat. Cara kerja internet of things ini dengan mengambil data dari perangkat-perangkat yang terhubung.

Demikiandari articlevoid tentang beberapa cara kerja artificial intelligence yang perlu Anda ketahui untuk mengenal teknologi lebih dalam. Dengan mengetahui cara kerjanya, tentu akan lebih mudah menemukan contoh penerapan teknologi AI dalam kehidupan sehari-hari.

Bagikan:

Tags: