cara bermain saham

Saat ini banyak masyarakat yang menjadi pengangguran akibat berkurangnya lapangan kerja serta krisis pandemi. Sehingga banyak orang ingin terjun ke dunia saham dan ingin mengetahui cara bermain saham yang benar agar menghasilkan.

Pasalnya, tidak sedikit orang yang berhasil mendapatkan banyak penghasilan hingga menjadi trader atau investor yang sukses. Hal tersebut tentu tidak dari penentuan strategi serta memilih jenis saham yang tepat untuk investasi jangka panjang.

Tentang Saham

Mungkin mendengar tentang saham bukan lagi hal yang asing, namun tidak jarang masih banyak yang bingung terkait saham tersebut. Apa itu saham, 1 lot saham berapa rupiah? Dan apa hubungan saham dengan investasi? Tentu pertanyaan tersebut langsung membuat penasaran.

Saham merupakan sebuah surat berharga yang menjadi bukti kepemilikan atas bagian modal maupun suatu PT (Perseroan Terbatas). Nantinya nilai besar atau kecilnya saham bisa menentukan hak atas dividen bagi para pemilik saham.

Bahkan beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya masing-masing terkait pengertian saham yang menjadi barang investasi. Secara umum, saham merupakan surat berharga atas kepemilikan perusahaan dan bisa diperjualbelikan secara luas.

8 Cara Bermain Saham bagi Pemula

Lantas, bagaimana cara bermain saham itu? Tentu mengetahui cara bermain tidak kalah menarik selain mengenal pengertian saham. Bahkan hal satu ini sangat penting bagi Anda yang berminat belajar sebagai seorang trader atau investor saham.

1.      Mengenal Pengertian Saham

Bagi para pemula, bermain saham mungkin terlihat sulit dan rentan akan kerugian besar bahkan rentan mengalami penipuan. Pasalnya, saat ini sudah banyak orang hingga perusahaan yang mencari kesempatan dengan menawarkan investasi bodong.

Tips bermain saham yang pertama tentu saja Anda harus mengenal tentang pengertian saham terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga perlu mempelajari tentang potensi keuntungan serta risiko berinvestasi saham.

2.      Mengumpulkan Informasi Sebanyak-banyaknya

Cara bermain saham sebenarnya tergolong sederhana, bahkan banyak jenis yang ramah untuk para pemula. Meskipun begitu, untuk menjadi trader atau investor sukses tidak luput dari jatuh bangun hingga pernah mengalami kerugian.

Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda mengumpulkan sebanyak mungkin informasi terkait investasi saham. Dari informasi tersebut, nantinya Anda bisa memperdalam ilmu hingga menentukan strategi dalam berinvestasi.

3.      Pergunakan Modal dengan Bijak

Bagaimana cara investasi saham bagi pemula? Mungkin pertanyaan tersebut sering tersirat ketika seseorang tertarik dengan bisnis ini. Bisnis investasi saham sebenarnya sama seperti jenis bisnis lain yang membutuhkan skill agar tidak mengalami kerugian.

Selain memperdalam ilmu dan memperbanyak informasi, Anda juga harus mempersiapkan modal guna memulai bisnis. Akan tetapi, Anda harus bijak dengan menggunakan sedikit modal untuk bermain saham guna meminimalisir kerugian.

4.      Pilih Sekuritas yang Stabil

Banyak investor atau trader pemula yang sering menyepelekan investasi saham karena memiliki modal mencukupi. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang paham cara bermain saham secara benar dan tepat sehingga mudah mengalami kerugian.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan lebih sedikit modal untuk meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi. Selain itu, pilih perusahaan sekuritas yang terbukti memiliki keuangan stabil dengan melihat latar belakang serta riwayatnya.

5.      Beli Saham ketika Harga Rendah

Lantas, berapa modal awal untuk bermain saham? dan 1 lot saham berapa lembar? Banyak yang mengira bahwa bermain saham membutuhkan modal yang banyak. Tentu hal tersebut tidak sepenuhnya salah karena pada dasarnya harga saham cukup beragam mulai harga rendah hingga harga tertinggi.

Meskipun demikian, bagi pemula sebaiknya membeli saham dengan harga terendah terlebih dahulu dan melihat riwayatnya. Pastikan memiliki modal tersendiri di luar uang pribadi sehingga berbagai kemungkinan kerugian nantinya tidak akan mempengaruhi finansial.

6.      Cek Ekonomi secara Berkala

Jika tertarik bermain saham, Anda harus memperhatikan berbagai hal dan tidak bisa melangkah sembarangan. Cara bermain saham yang saham bisa membawa Anda pada kerugian hingga kebangkrutan.

Selain membeli harga saham terendah, Anda juga perlu memperhatikan atau memeriksa kondisi ekonomi secara berkala. Pasalnya, kondisi ekonomi luar maupun dalam negeri dapat menentukan prediksi fluktuasi harga saham yang Anda jual atau beli nantinya.

7.      Pilih Indeks Saham sesuai Kriteria

Dimana saya bisa membeli saham? Mungkin sudah banyak perusahaan sekuritas yang beredar di masyarakat. Namun, tidak semua perusahaan sekuritas berpengalaman dan terpercaya sebagai tempat berinvestasi yang tepat.

Pastikan Anda memilih perusahaan sekuritas yang memiliki latar belakang jelas dan riwayat harga saham stabil. Dan pilih jenis saham yang sesuai dengan kriteria BEI (Bursa Efek Indonesia), yaitu indeks LQ45 dan IDX30.

8.      Targetkan Saham

Cara bermain saham tidak boleh sembarangan karena membutuhkan strategi dan target yang menjadi tujuan Anda. Tanpa memiliki strategi, investasi saham akan sulit mengalami perkembangan bahkan sulit mendapatkan keuntungan.

Sebaiknya targetkan saham Anda para perusahaan barang konsumsi atau pada perusahaan perbankan. Pasalnya, kedua perusahaan tersebut tergolong dibutuhkan masyarakat banyak dan bisa bertahan lama.

3 Tips Investasi Saham

Tidak hanya mengetahui cara berinvestasi saham yang baik dan benar saja, namun Anda juga harus mengetahui tips bermain yang tepat. Ada beberapa tips berinvestasi saham jangka panjang yang baik dan benar agar bisa meminimalisir kegagalan.

·         Tanamkan Komitmen yang Kuat

Mungkin tidak semua orang memiliki keahlian sebagai trader maupun investor yang berisiko tinggi dan membutuhkan modal besar. Akan tetapi, tidak sedikit pula orang sukses setelah terjun ke dunia bisnis investasi saham meskipun memulai dari nol.

Pastinya orang-orang tersebut sudah menguasai cara bermain saham yang benar dan tepat sehingga mendapatkan banyak keuntungan. Selain itu, Anda juga harus menanamkan komitmen yang kuat saat bermain saham agar tidak mudah goyah atau terpengaruh.

·         Tidak Menggunakan Seluruh Modal

Saat tertarik dengan bisnis saham, tentu Anda harus mempersiapkan modal tersendiri untuk memulai. Baik menyiapkan modal kecil ataupun besar sekalipun nantinya bisa Anda pergunakan dalam mendapatkan keuntungan dari berinvestasi.

Tanam saham minimal berapa? Tips memulai berinvestasi saham yang kedua adalah tidak mempergunakan seluruh modal. Perlu Anda ketahui, berinvestasi saham berisiko tinggi sehingga Anda bisa menggunakan sedikit modal terlebih dahulu saat memulai.

·         Hindari Asal Memilih Saham

Jika Anda tergiur menggunakan seluruh modal tentu akan lebih besar risiko mengalami kegagalan dan kerugian. Terlebih saat ini sudah banyak perusahaan sekuritas dan jenis saham yang bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan serta keinginan.

Maka dari itu, Anda juga tidak bisa sembarang memilih perusahaan sekuritas dan jenis saham lantaran tergiur iming-iming keuntungan. Pastikan memilih jenis saham berharga rendah dan perusahaan sekuritas yang stabil dari segi riwayat finansialnya.

Dari sekian banyak cara bermain saham yang baik dan benar, tentu Anda masih membutuhkan berbagai informasi terkait. Dengan mempelajari cara bermain hingga tips mudah dari articlevoid tersebut bisa menjadi jalan sukses Anda menjajal sebagai investor saham.

Bagikan: