berapa lama transfer uang dari Arab Saudi ke Bank BRI

Mereka yang belum pernah berkunjung atau tinggal di Arab Saudi, umumnya tidak mengetahui perihal berapa lama transfer uang dari Arab Saudi ke Bank BRI. Pasalnya, proses transfer tersebut melibatkan dua negara yang tentunya membutuhkan waktu.

Transfer uang biasanya hanya butuh waktu beberapa menit saja jika transaksinya dilakukan oleh sesama nasabah di dalam negeri. Pihak penerima juga bisa segera melakukan konfirmasi sesaat setelah transaksi dilakukan.

Jika Anda penasaran dengan lamanya proses transfer uang dari Arab Saudi ke Bank BRI, maka saat ini Anda sedang berada di artikel yang tepat. Berikut akan kami bahas beberapa hal terkait proses transfer dari negara bersangkutan.

Berapa Lama Transfer uang dari Arab Saudi ke Bank BRI?

Pengiriman uang dari Arab Saudi biasanya dilakukan oleh para tenaga kerja Indonesia yang bekerja di sana. Demi bisa menghidupi keluarganya di Indonesia, mereka biasanya rutin mengirimkan sejumlah uang setiap bulannya.

Lantas, berapa lama transfer uang dari Arab Saudi ke Bank BRI yang selama ini dilakukan? Dari proses pengiriman sebelumnya, proses transfer uang tersebut akan memakan waktu selama beberapa hari atau bahkan beberapa minggu.

Lamanya proses tersebut sangat bergantung pada jenis pembayaran yang digunakan seperti Western Union, PayPal, atau metode pembayaran lainnya. Oleh karena itu, kita harus tepat dalam memilihnya sebelum mengirim.

Jika ingin mengirim uang lebih cepat, kini BRI sudah menawarkan fasilitas pengiriman uang yang bernama BRIfast. Dengan adanya fitur ini, Anda tidak perlu lagi menunggu proses pengiriman hingga berminggu-minggu.

Tahukan Anda berapa lama transfer uang dari Arab Saudi ke Bank BRI melalui BRIfast? Jawabannya adalah 5 menit. Dengan proses transfer yang cepat tentu kita bisa lebih efisien dalam melakukan transaksi sehari-hari.

Apa Itu BRIfast?

BRIfast merupakan remittance partner yang disediakan oleh Bank BRI untuk memudahkan sistem pembayaran Internasional. Dengan layanan ini, transaksi bisa dilakukan kapan saja dalam waktu 24 jam secara mudah dan efisien.

Dibanding metode transfer online lain, BRIfast menawarkan biaya admin yang lebih sedikit sehingga tidak memberatkan pengirim. Biaya admin hanya dibebankan kepada pihak pengirim sebesar Rp 25.000 – 45.000 saja.

Hal ini berbeda dengan metode transfer konvensional yang akan mengenakan biaya ganda (double) dalam sekali transaksi. Selain membebankan biaya admin kepada pengirim, pengiriman konvensional juga membebankan biaya admin kepada pihak penerima.

Sementara itu, limit transaksi yang diberikan pada BRIfast juga cukup besar, yaitu mencapai Rp 250 juta dalam sekali transaksi. Sebagai nasabah Bank BRI, fasilitas ini tentu akan sangat menguntungkan karena kemudahan, kapasitas dan kecepatan transaksinya.

Dengan begitu, berapa lama transfer uang dari Arab Saudi ke Bank BRI tidak perlu lagi dikhawatirkan. Hanya dengan mendaftar sebagai anggota, Anda bisa melakukan pengiriman saldo hanya dalam waktu 5 menit saja.

Keunggulan Menggunakan BRIfast

Seperti sudah dijelaskan di atas, BRIfast menawarkan banyak sekali keuntungan bagi para penggunanya. Adapun keuntungan yang bisa Anda peroleh dari metode pembayaran menggunakan BRIfast adalah sebagai berikut:

1. Proses Transaksi Singkat

Jika metode pengiriman konvensional membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk sampai, BI Fast BRI hanya membutuhkan waktu 5 menit saja untuk mengirimkan saldo ke rekening penerima.

Jika tidak ada kendala berarti, saldo yang sudah ditransfer juga bisa langsung dicairkan oleh pihak penerima. Itu artinya, berapa lama transfer uang dari Arab Saudi ke Bank BRI sudah tidak lagi menjadi masalah bagi para pekerja di Arab Saudi.

2. Biaya Admin Lebih Kecil

BRIfast hanya mengenakan biaya admin kepada pihak pengirim saja dan tidak mengenakannya kepada pihak penerima. Dengan begitu, biaya admin yang dibutuhkan dalam sekali transaksi pengiriman uang terhitung lebih kecil, yaitu Rp 25.000 – 45.000.

Sedangkan pengiriman dengan sistem konvensional biasanya mengenakan dua kali biaya admin, yaitu kepada pihak pengirim dan juga pihak penerima. Itu artinya, biaya admin harus dibayarkan dua kali dan tentunya menjadi lebih besar.

3. Jaringan Luas dan Aman

Layanan ini didukung dengan lebih dari 10.000 kantor cabang BRI dan juga 150.000 lebih jaringan e-banking secara real time online. Dengan begitu, transaksi pengiriman uang untuk keperluan apa saja bisa dengan mudah dan aman tanpa adanya pihak ketiga.

Meski tidak memiliki rekening BRI, penerima juga bisa memanfaatkan banyaknya kantor cabang BRI yang tersebar untuk mengambil uang secara tunai. Berapa lama transfer uang dari Arab Saudi ke Bank BRI juga dipengaruhi oleh faktor ini.

Cara Mengirim Uang dari Arab Saudi ke Bank BRI melalui BRIfast

Dengan adanya BRIfast, berapa lama transfer uang dari Arab Saudi ke Bank BRI sudah tidak menjadi persoalan berarti lagi. Untuk menggunakan layanan ini, Anda bisa mengikuti beberapa petunjuk berikut:

  • Pertama, silakan kunjungi agen Remittance Partner yang ditunjuk oleh pihak BRI. Di Arab Saudi, beberapa pihak yang ditunjuk adalah Al Rajhi Bank, Al Bilad Bank, dan SNB.
  • Setelah itu, siapkan beberapa persyaratan seperti KTP dan juga Paspor atau syarat dokumen lainnya.
  • Cari petugas dan sampaikan maksud kedatangan Anda (transfer uang).
  • Jika sudah, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengiriman. Dalam hal ini, Anda perlu menuliskan kode Swift Bank BRI Indonesia, yaitu BRINIDJA.
  • Masukkan kode cabang dan nama Bank BRI tujuan Anda.
  • Tuliskan juga nomor rekening tujuan.
  • Setelah itu, masukkan nominal transfer dan juga nama penerima.
  • Jika sudah, tanda tangan slip dan serahkan kepada petugas beserta uang yang akan dikirim.

Sampai di sini transaksi Anda akan segera diproses agar bisa sampai ke rekening tujuan BRI di Indonesia. Kini, Anda sudah tahu berapa lama transaksi uang dari Arab Saudi ke Bank BRI, yaitu hanya butuh 5 menit saja menggunakan BRIfast.

Bagikan:

Tags: