Penyebab-Kenapa-Suara-iPhone-Kecil
Penyebab-Kenapa-Suara-iPhone-Kecil

Ponsel iPhone merupakan ponsel yang paling banyak digunakan oleh orang-orang karena memiliki fitur yang sangat bagus dan kamera yang jernih. Namun, terkadang ada beberapa penyebab kenapa suara iPhone kecil dan membuat performanya menurun ketika digunakan untuk menelepon atau hanya untuk sekadar mendengarkan musik di kala waktu senggang.

Nah, kamu harus mengetahui penyebab kenapa hal ini bisa terjadi dan menjadi salah satu hal yang cukup mengganggu ketika akan digunakan untuk melakukan aktivitas yang berkenaan dengan suara. Di bawah ini, kami akan menjelaskan beberapa penyebab mengapa suara di ponsel iPhone kamu bisa menjadi sangat kecil dan tidak bisa meningkatkan performa ponsel iPhone.

8 Penyebab Kenapa Suara iPhone Kecil dan Memperbaikinya

  1. Komponen Permukaan Buzzer iPhone Kotor

Di dalam ponsel iPhone kamu, tentunya ada beberap komponen yang digunakan untuk mengeluarkan suara agar terdengar lebih jernih dan keras. Kompnen tersebut disebut sebagai buzzer yang terkadang bisa menjadi penyebab kenapa suara iPhone kecil. Lantas, apa itu buzzer? Jadi, buzzer adalah perangkat sinyal audio yang digunakan sebagai mini speaker.

Atau mudahnya buzzer ini adalah semacam speaker mini yang ada di dalam perangkat iPhone dan digunakan sebagai media mekanik, elektromekanis atau piezoelektrik yang biasanya digunakan untuk memberikan suara di ponsel iPhone kamu. Jadi, apabila buzzer mengalami kerusakan, maka suara yang dihasilkan juga akan sangat kecil dan mengganggu kinerja ponsel kamu nantinya.

  1. Perangkat Lunak yang Tidak Bekerja dengan Optimal

Penyebab kenapa suara iPhone kecil berikutnya adalah karena perangkat lunak yang tidak bisa bekerja secara optimal. Biasanya hal ini bisa langsung diselesaikan dengan cara kamu melakukan restart ponsel karena nantinya setelah ponsel kamu melakukan restart maka mereka akan mengembalikan pengaturan awal agar bisa bekerja kembali secara maksimal lagi.

  1. Pengaturan Volume di Ponsel yang Tidak Benar

Hal berikutnya yang bisa anda lakukan dan menjadi penyebab mengapa suara yang dihasilkan oleh ponsel iPhone bisa sangat kecil atau bahkan tidak terdengar adalah dengan melakukan pengaturan volume lewat pengaturan dan suara. Kemudian kamu memilih enable dan memaksimalkan volume ke nada yang paling tinggi untuk mengetes kembali apakah suara kembali seperti semula.

  1. Tombol Switch yang Membuat Ponsel dalam Keadaan Mute

Berikutnya untuk mengatasi penyebab kenapa suara iPhone kecil adalah dengan melakukan mute terlebih dahulu dengan menggunakan tombol switch di samping kiri iPhone kemudian kamu bisa melihat warna orange pada tombol. Setelah itu kamu bisa menggesernya kembali dan mencoba mendengarkan kembali suara di ponsel iPhone apakah sudah kembali atau belum.

  1. Mengatur Bagian Volume Sound Effect Ketika Mendengarkan Musik

Tentunya para pemilik ponsel iPhone pasti memiliki aplikasi musik yang biasa mereka gunakan untuk mendengarkan lagu yang mereka sukai. Kamu bisa mencoba menaikkan volume di bagian sound effect atau mengatur volume itu menggunakan tombol volume di iPhone kamu untuk mengetahui apakah sound effect tersebut mampu mengembalikan suara iPhone kamu yang kecil.

  1. Menggunakan Headset yang Tercolok ke Audio Jack Ponsel

Lanjut ke penyebab kenapa suara iPhone kecil berikutnya adalah dengan menggunakan headset. Cobalah untuk memasang headset ke audio jack ponsel dan pastikan apakah hal tersebut bisa menjadi penyebab utama suara di ponsel iPhone kamu menjadi kecil. Kamu juga bisa mencoba membersihkan headset dan audio jack agar memastikan permasalahannya tidak muncul dari sana.

  1. Casing Ponsek yang Mengganggu dan Menghambat Aliran Suara

Ada banyak sekali jenis casing yang mampu membuat ponsel kamu terlihat lebih menarik dan juga aman. Namun, beberapa permasalahan mengenai kenapa suara di ponsel iPhone kecil adalah karena casing yang terlalu tebal dan mampu menghambat aliran suara sehingga suara yang dihasilkan oleh ponsel iPhone kamu terdengar sangat kecil dan tidak jernih saat digunakan.

  1. Lubang Speaker yang Sudah Sangat Kotor dan Berdebu

Alasan selanjutnya mengenai penyebab kenapa suara iPhone kecil adalah karena tersumbat debu yang sudah banyak sekali di speaker. Banyaknya debu di lubang speaker ini juga akan mampu menghambat aliran suara yang menyebabkan suara yang dihasilkan sangat kecil. Kamu bisa membersihkannya dengan kain yang sangat tipis dan meniupnya agar debu yang ada hilang.

Pastikan Semua Penyebab Kenapa Suara iPhone Kecil Sudah Dilakukan

Pastikan kamu telah melakukan semua cara di atas untuk memastikan apakah ponsel kamu memang bekerja secara optimal, tetapi memang tidak bisa diperbaiki. Jika sudah demikian, maka kamu harus pergi ke Apple Service Center dan minta bantuan untuk membersihkan ponsel agar bisa kembali ke semula.

Itu tadi penyebab kenapa suara iPhone kecil dan bisa saja kamu perbaiki secara mandiri terlebih dahulu. Semoga bisa membantu!

Bagikan:

Tags: