Hubungan Artificial Intelligence dengan Cybersecurity

Hubungan Artificial Intelligence dengan Cybersecurity Dalam Menjaga Keamanan Siber

Hubungan Artificial Intelligence dengan Cybersecurity kian marak menjadi perbincangan saat ini. Menganalisis dan meningkatkan postur keamanan siber bukan lagi masalah berskala manusia.

Hal tersebut karena belakangan ini serangan cyber kepada perusahaan sangat besar dan terus tumbuh juga berkembang dengan cepat.

Serangan cyber juga bergantung pada ukuran perusahaan Anda, ada hingga melibatkan beberapa ratus miliar sinyal yang bervariasi waktu, dari sana perlu dianalisis untuk menghitung risiko secara akurat.

Menanggapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, alat berbasis Kecerdasan Buatan (Artificial intelligenceI). Alat ini untuk keamanan siber telah muncul untuk membantu tim keamanan informasi mengurangi risiko pelanggaran dan meningkatkan postur keamanan mereka secara efisien dan efektif.

AI dan pembelajaran mesin (Mesin Learing) telah menjadi teknologi penting dalam keamanan informasi. Karena mereka dapat dengan cepat menganalisis jutaan peristiwa dan mengidentifikasi berbagai jenis ancaman.

Mulai dari malware yang mengeksploitasi kerentanan zero-day hingga mengidentifikasi perilaku berisiko yang dapat menyebabkan phishing menyerang atau mengunduh kode berbahaya.

Teknologi ini belajar dari waktu ke waktu, menggambar dari masa lalu untuk mengidentifikasi jenis serangan baru sekarang.

Kecerdasan Buatan VS Analisis Data

Sayangnya, AI kian marak untuk disalahgunakan pada masa kini. Semakin banyak perusahaan yang mencari cara untuk ikut-ikutan AI. Tetapi banyak dari penawaran AI saat ini tidak benar-benar memenuhi uji AI dan bisa menjadi ancaman artificial intelligence.

Meskipun mereka menggunakan teknologi untuk menganalisis data atau analisis artificial intelligence dan membiarkan mendorong hasil tertentu, itu bukanlah AI. AI murni adalah tentang mereproduksi kemampuan kognitif untuk mengotomatiskan tugas.

Inilah perbedaan krusialnya:

1. Sistem AI Bersifat Iteratif dan Dinamis

Mereka menjadi lebih pintar dengan semakin banyak data yang mereka analisis. Mereka “belajar” dari pengalaman, maka dari itu mereka menjadi semakin mampu dan mandiri seiring berjalannya waktu.

2. Analisis Data (DA)

Data analysis adalah proses statis yang memeriksa kumpulan data besar untuk menarik kesimpulan tentang informasi yang terkandung. Analisis ini dengan bantuan sistem dan perangkat lunak khusus. Analisis data bukanlah iteratif atau belajar mandiri.

Memahami Dasar AI

AI mengacu pada teknologi yang dapat memahami, mempelajari, dan bertindak berdasarkan informasi yang diperoleh dan diturunkan. Saat ini, AI bekerja dalam tiga cara berikut Article Void jabarkan:

  1. Kecerdasan Terbantu

Meningkatkan apa yang sudah dilakukan orang dan juga organisasi.

  1. Augmented Intelligence

Memungkinkan orang dan organisasi melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak dapat mereka lakukan.

  1. Kecerdasan Otonom

Sedang dikembangkan untuk masa depan, menampilkan mesin yang bekerja sendiri. Contohnya adalah kendaraan self-driving, ketika digunakan secara luas.

AI dapat dikatakan memiliki beberapa tingkat kecerdasan manusia: gudang pengetahuan khusus domain; mekanisme untuk memperoleh pengetahuan baru; dan mekanisme untuk menggunakan pengetahuan itu.

Maka pembelajaran mesin, sistem pakar, jaringan saraf, dan pembelajaran mendalam adalah contoh atau himpunan bagian dari teknologi AI saat ini.

Hubungan Artificial Intelligence dengan Cybersecurity

Artificial Intelligence secara ideal cocok untuk memecahkan beberapa masalah kita yang paling sulit, dan keamanan siber tentu termasuk dalam kategori tersebut.

Sehingga dengan serangan dunia maya yang terus berkembang, pembelajaran mesin dan AI dapat kita gunakan untuk “mengikuti orang jahat”. Di sinilah muncul hubungan artificial intelligence dengan cybersecurity bisa kita manfaatkan.

Antara lain untuk mengotomatiskan deteksi ancaman dan juga merespons lebih efisien daripada pendekatan berbasis perangkat lunak tradisional.

Pada saat yang sama, keamanan siber menghadirkan beberapa tantangan unik yaitu:

  1. Permukaan serangan yang luas
  2. 10 atau 100 ribu perangkat per organisasi
  3. Ratusan vektor serangan
  4. Kekurangan besar dalam jumlah profesional keamanan yang terampil
  5. Massa data yang telah bergerak melampaui masalah skala manusia

Sistem manajemen postur keamanan siber berbasis AI yang belajar mandiri harus mampu mengatasi banyak tantangan ini.

Teknologi ada untuk melatih sistem belajar mandiri dengan benar untuk mengumpulkan data secara terus-menerus dan juga mandiri dari seluruh sistem informasi perusahaan Anda.

Data tersebut kemudian dianalisis dan digunakan untuk melakukan korelasi pola pada jutaan hingga miliaran sinyal yang relevan dengan permukaan serangan perusahaan.

Hasil Pemanfaatan Artificial Intelligence dengan Cybersecurity

Hasilnya dari pemanfaatan hubungan artificial intelligence dengan cybersecurity adalah tingkat kecerdasan baru yang memberi masukan tim manusia di berbagai kategori keamanan siber, termasuk:

1.    Inventaris Aset TI

Mendapatkan inventaris yang lengkap dan akurat dari semua perangkat, pengguna, dan aplikasi dengan akses apa pun ke sistem informasi. Kategorisasi dan pengukuran kekritisan bisnis juga memainkan peran besar dalam inventaris.

2.    Eksposur Ancaman

Peretas mengikuti tren sama seperti orang lain. Jadi apa modus peretas berubah secara teratur.

Sistem keamanan siber berbasis AI dapat memberikan pengetahuan terkini tentang ancaman spesifik global dan industri untuk membantu membuat keputusan prioritas penting.

Tidak hanya berdasarkan pada apa yang dapat mereka gunakan untuk menyerang perusahaan Anda, tetapi berdasarkan pada apa yang kemungkinan akan mereka gunakan untuk menyerang perusahaan Anda.

3.    Efektivitas Kontrol

Penting untuk memahami dampak dari berbagai alat keamanan dan proses keamanan yang telah Anda gunakan untuk menjaga postur keamanan yang kuat. AI dapat membantu memahami kelebihan dan kekurangan program infosec Anda.

4.    Prediksi Risiko Pelanggaran

Sistem berbasis Artificial Intelligence dapat memprediksi bagaimana dan di mana Anda kemungkinan besar akan terserang. Menghitung inventaris aset TI, paparan ancaman, dan efektivitas kontrol.

Sehingga Anda dapat merencanakan alokasi sumber daya dan alat ke area kelemahan. Wawasan preskriptif yang ada dari analisis AI dapat membantu Anda mengonfigurasi dan menyempurnakan kontrol dan proses untuk meningkatkan ketahanan dunia maya organisasi Anda secara paling efektif.

5.    Respons insiden

Sistem bertenaga AI dapat memberikan konteks yang lebih baik untuk prioritas dan respons terhadap peringatan keamanan. Selanjutnya untuk respons cepat terhadap insiden, dan untuk memunculkan akar penyebab guna memitigasi kerentanan dan menghindari masalah di masa mendatang.

6.    Keterjelasan

Kunci memanfaatkan Artificial Intelligence untuk menambah tim infosec manusia adalah keterjelasan rekomendasi dan analisis. Hal ini penting untuk mendapatkan dukungan dari pemangku kepentingan di seluruh organisasi.

Guna memahami dampak berbagai program infosec, dan untuk melaporkan informasi yang relevan kepada semua pemangku kepentingan yang terlibat. Termasuk pengguna akhir, operasi keamanan, CISO, auditor, CIO, CEO, dan dewan direksi.

Dalam beberapa tahun terakhir, Artificial intelligenceI telah muncul sebagai teknologi yang kita perlukan untuk meningkatkan upaya tim keamanan informasi manusia. Karena manusia tidak dapat lagi menskalakan untuk melindungi permukaan serangan perusahaan yang dinamis secara memadai.

Dalam keamanan, hubungan artificial intelligence dengan cybersecurity dapat mengidentifikasi dan memprioritaskan risiko, langsung menemukan malware apa pun di jaringan, memandu respons insiden, dan mendeteksi intrusi sebelum mulai untuk itu anda harus tau cara kerja artificial intelligence.