baterai mobil listrik

Inilah Daftar Pabrik Baterai Mobil Listrik Terbesar

Saat ini, perkembangan mobil listrik teruslah meningkat. Hal ini berdampak pada permintaan mobil listrik yang meningkat juga. Ini artinya, produksi baterai listrik akan terus berjalan dan semakin meningkat juga. Nah, tahukah Anda pabrik baterai mobil listrik yang masuk dalam jajaran pabrik terbesar?

5 Daftar Pabrik Baterai Mobil Listrik Terbesar

Perlu Anda ketahui, saat ini, ada loh beberapa pabrik baterai mobil listrik yang menguasai produksi baterai listrik. Bahkan ada loh pabrik atau produsen baterai mobil listrik yang bekerja sama membangun pabrik untuk produksi baterai listrik di Indonesia.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini ada  lima pabrik dari baterai mobil listrik yang tergolong pabrik baterai mobil listrik terbesar di dunia.

1. Contemporary Amperex Technology Co. Ltd (CATL)

Salah satu produsen terbesar baterai mobil listrik di Indonesia adalah Contemporary Amperex Tecnology Co. Ltd atau CATL. Dari nama pabriknya, bisakah Anda menebak tempat atau asal pabrik ini?

Jika Anda lihat dari namanya, mungkin bagi Anda yang tidak tahu, Anda mengira perusahaan baterai mobil listrik yang satu ini dari Eropa. Namun, ternyata pabrik bernama CATL ini berasal dari China. Bahkan, sekarang ini, pabrik ini berada di peringkat pertama loh.

Yuk mengenal pabrik atau perusahaan baterai untuk mobil listrik yang satu ini.

Pabrik asal China ini ternyata sudah berdiri sejak sebelas tahun lalu, atau 2011. Yang mana pabrik pada tahun 2018 CATL ini mampu memproduksi baterai mobil listrik dengan kapasitas daya sebesar 21,6 Gigawatt hours (GWh).

Bahkan, pada tahun 2021, produksi baterai CATL meningkat sangat pesat. CATL mampu memproduksi baterai mobil listrik dengan kapasitas hingga 96,7 Gwh. Kapasitas tersebut naik 36,2 Gwh dari tahun sebelumnya.

Kabarnya, CATL ini akan menjalin kerjasama dengan Indonesia, khusunya PT. Aneka Tambang Tbk (Antam), dan Indonesia Battery Corporation (IBC) untuk membangun pabrik baterai mobil listrik di Indonesia. Tentu saja, hal ini merrupakan kabar baik untuk Indonesia.

Jenis baterai apa yang diproduksi oleh CATL? CATL sendiri memproduksi baterai mobil listrik yang berjenis lithium-ion atau Li-on, sistem penyimpanan energi, dan sistem manajemen  baterai.

Sebagai produsen baterai mobil listrik terbesar di dunia, CATL adalah pemasok baterai untuk kendaraan listrik,  kendaraan hybrid, kendaraan hybrid plug-in.

Baterai mobil listrik yang diproduksi oleh CATL ini telah mendunia loh. Pasalnya, baterai lithium-ion dari CATL ini telah dipakai oleh perusahaan brand mobil listrik dunia, sebut saja, Tesla. Kemudian, ada Volvo, Volkswagen, dan masih banyak lagi.

2. LG Energy Solution

Selanjutnya, di peringkat kedua, ada produsen baterai mobil listrik yang bernama LG Energy Solutions (LGES).  Produsen baterai untuk mobil listrik ini berasal dari Seoul, Korea Selatan. Pabrik atau perusahaan LGES ini telah berdiri sejak Desember 2020 lalu.

LGES ini menjadi posisi yang kedua karena LGES mampu memproduksi baterai dengan kapasitas 60,2 Gwh. Bukan hanya itu saja, pabrik yang bertempat di Korea Selatan ini mampu mensupply kebutuhan baterai EV global hingga 15, 9 persen.

Perusahaan baterai mobil listrik ini atau LGES menggandeng pabrik mobil asal Korea Selatan juga, Huyndai Motor Group dengan tujuan untuk melakukan kerjasama dengan IBC demi membangun pabrik sel baterai listrik pertama di Indonesia pada September 2021 lalu.

Sebagai informasi tambahan, pabrik LGES di Indonesia nantinya berencana memproduksi sel baterai sebesar 10 gigawatt per jam/hour.

Oh ya, sama halnya CATL, LGES juga memproduksi jenis baterai lithium-ion. Di mana baterai lithium-ion ini adalah baterai yang umum digunakan untuk mobil listrik. Bahkan, baterai lithium-ion biasa digunakan untuk perangkat elektronik lainnya, seperti handphone, tetapi kapasitas untuk baterai mobil listrik jauh lebih besar.

Sekilas tentang baterai lithium-ion, baterai ini dibilang lebih unggul daripada jenis baterai mobil listrik ataupun dinamo mobil listrik lainnya. Pasalnya, baterai yang satu ini bertahan lebih lama, serta pengisian dayanya lebih cepat.

3. Panasonic

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Panasonic. Ya, produsen atau perusahan yang memproduksi berbagai peralatan elektronik untuk rumah tangga, seperti kulkas dan lainnya, juga memproduksi baterai mobil listrik loh.

Perusahaan yang berpusat di kota Kadoma, Osaka, Jepang ini memproduksi baterai lithium-ion. Di mana saat ini Panasonic telah menduduki posisi ketiga produsen baterai untuk mobil listrik, setelah LG Energy Solutions (LGES).

Perusahaan multinasional ini mampu memproduksi baterai yang berkapasitas terpasang sebesar 36,1 Gwh. Lalu, Panasonic juga merajai pangsa pasar sebesar 12,2 persen.

Panasonic ini merupakan produsen baterai mobil listrik yang memproduksi baterai lithium-ion. Yang mana baterai tersebut untuk mobil atau kendaraan hybrid, plug-in, serta full electric.

Bulan Oktober 2021 lalu, Panasonic bahkan mengeluarkan baterai format 4680 atau baterai dengan ukuran lebar 46 milimeter serta tinggi 80 milimeter. Di mana baterai tersebut Panasonic produksi di sebuah pabrik di prefektur Wakayama, Jepang.

Selanjutnya, perusahaan baterai mobil listrik peringkat tiga ini berencana memproduksi baterai lithium-ion untuk Tesla pada tahun 2023 mendatang.

4. BYD Automobile Co. Ltd

Berikutnya, ada BYD Automobile Co. Ltd. Perusahaan BYD ini berasal dari China Sehingga, secara otomatis BYD menjadi perusahaan kedua di China yang memproduksi baterai mobil listrik.

Meskipun menjadi perusahaan baterai mobil listrik kedua di China, BYD Automobile Co. Ltd ini mampu bersaing dengan perusahaan yang lainnya loh. Buktinya BYD mampu merajai pangsa pasar sebesar 8,8 persen.

Tahun lalu, BYD merilis produk baterai mobil listrik yang bernama Baterai Revolutionary Blade. Yang kabarnya lebih unggul dibandingkan dengan baterai lithium-ion. Kenapa begitu?

Baterai Revolutionary Blade ini menggunakan bahan kimia lithium iron phosphate (LFP) atau dalam bahasa Indonesia lithium besi folat. Dalam hal ini, LFP ini memiliki kepadatan energi yang lebih rendah.

Lalu, LFP ini juga harganya lebih lebih terjangkau. Namun, anda tidak usah khawatir dengan kualitasnya. LFP ini membuat masa simpan Baterai Revolutionary Blade lebih lama, tahan suhu panas yang tinggi, dan tidak mengandung kobalt atau nikel.

5. SK Innovation

Terakhir, ada pabrik baterai mobil listrik terbesar bernama SK Innovation. SK Innovation  ini berasal dari Korea Selatan. Dulunya, SK Innovation adalah SK Holdings Co.Ltd, merupakan perusahaan besar Korea Selatan yang bergerak di bidang energi dan bahan kimia, IT, dan bidang lainnya.

Disebut perusahaan besar, karena SK Innovation ini mampu merajai pangsa pasar sebesar 5,6 persen untuk baterai EV global.

Jenis baterai yang perusahaan ini produksi adalah baterai berbahan LFP, layaknya BYD Automobile Co. Ltd. Yang mana kapasitas baterai EV mampu menampung 17 Gwh.

Demikianlah ulasan articlevoid tentang daftar pabrik baterai mobil listrik di dunia menduduki posisi tinggi di dunia. Seperti yang Anda tahu, dari kelima pabrik tersebut ada yang melakukan kerjasama dengan Indonesia. Dengan adanya kerjasama tersebut, diharapkan produksi baterai mobil listrik di Indonesia bisa melimpah, sehingga, produksi mobil listrik di Indonesia bisa meningkat.